Melihat Sketsa Wisata Wadu Jao, Ketua DPRD Dompu: Tinggal Keseriusan Pemerintah Saja -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Melihat Sketsa Wisata Wadu Jao, Ketua DPRD Dompu: Tinggal Keseriusan Pemerintah Saja

Wednesday, January 5, 2022

 

Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, Amd. Par


Dompu, Infobima.com - Potensi Wisata Wadu Jao yang berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu memiliki banyak daya tarik yang bisa dikembangkan untuk menarik pengunjung.


Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sudah membuat sketsa  pengembangan wisata dengan bentuk disain yang cukup luar biasa. Hal ini juga yang diapresiasi oleh ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, Amd, Par terhadap keseriusan Disbudpar Dompu dalam upaya pengembangan wisata yang dilakukan.


Dengan melihat desain potret sketsa wisata Wadu Jao tersebut sudah membuat Andi Bachtiar merasa puas.


"Baguslah, tinggal diikuti oleh keseriusan pemerintah. Karena untuk membuat planning ini harus diikuti juga oleh kebijakan anggaran yang ada" katanya.


Kata Andi Bachtiar, jika pengembangan wisata ini hanya mengandalkan Anggara APBD saja itu tidak bisa karena dia melihat dengan kondisi PAD sekarang. Tentu dia sarankan harus jemput bola.


"Salah satu indikator yang mempermudahkan kita untuk mendapatkan akses bantuan pusat ini, kita harus punya rencana induk pengembangan wisata daerah (RIPPARDA) dan itu sudah selesai dibuat, mudah-mudahan itu menjadi lampiran dalam pengusulan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat untuk mendapatkan dana pembangunan beberapa objek wisata daerah termasuk Wadu Jao" Harapnya. 


Terlepas dari backgroundnya dalam bidang pariwisata. Ketua DPR Dompu Andi Bachtiar ingin menyamakan juga cara pandang dengan penyelenggara pemerintah tentang pariwisata, karena menurutnya pariwisata ini adalah sesuatu yang indah dan mahal.


Maka, dalam membangun sebuah tempat pariwisata tentu harus memiliki faktor pendukung yang bisa dijual, seperti membuat pariwisata buatan, memperbaiki infrastruktur di sekitar lokasi wisata, membuat taman budaya yang menampilkan tarian lokal daerah.

"Itu bisa membuat orang datang terus di situ" jelasnya.(Din)