Minimalisir Keributan Antar Siswa, Keluarga Besar SMAN 3 Dompu Helat Silaturahmi Akbar
Cari Berita

Iklan 970x90px

Minimalisir Keributan Antar Siswa, Keluarga Besar SMAN 3 Dompu Helat Silaturahmi Akbar

Saturday, January 8, 2022

 

Silaturahmi Keluarga Besar SMAN 3 Dompu



Dompu, Infobima.com - Upaya mengatasi dan menetralisir terjadinya tindakan keributan antar siswa yang kerap terjadi di lingkungan sekolah akhir-akhir ini. Kepala SMAN 3 Dompu Hendratno, S.Pd menghelat kegiatan silaturahmi akbar yang melibatkan seluruh unsur baik wali murid, Ketua Komite, Kades O,o dan Kades Karamabura, serta unsur Kepolisian dan TNI berlangsung di lapangan SMAN 3 Dompu, Sabtu (8/1/20).


Kegiatan ini diselenggarakan guna menyatukan komitmen bersama untuk melahirkan sebuah kesepakatan terbaik dalam mencegah terjadinya perkelahian antar pelajar di lingkungan sekolah.


Seperti yang dikutip melalui media online Lakeynews.com. Terhitung sejak mulai menjabatnya Hendratno selaku Kepsek pada Agustus 2021, masalah perkelahian siswa di sekolah tersebut sudah dua kali masuk kepolisian, Polsek Kota Dompu. Pertama, bulan Agustus. Kedua, bulan November.


Melihat situasi tersebut, Rabu (5/1) Hendratno sebelumnya telah melakukan rapat bersama dewan guru untuk menghentikan sementara Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara luar jaringan (luring/offline).


“Siswa menerima pelajaran secara daring di rumahnya masing-masing,” jelas pria yang akrab disapa Pak Hen itu.


Sedangkan guru-guru tetap masuk sekolah seperti biasa, terutama yang memiliki jam mengajar. 

“Dari sekolah, rekan-rekan guru akan mengajari peserta didik secara daring,” sambung Pak Hen.




Sehubungan dengan kegiatan silaturahmi akbar yang berlangsung bersama wali murid dan sejumlah unsur pada Sabtu 8 Januari pagi, telah melahirkan sebuah kesepakatan bersama dengan membuat surat pernyataan.



Surat pernyataan itu dibuat sehubungan dengan belum berakhirnya perkelahian/perselisihan yang bersifat individu dan atau kelompok (tawuran) yang terjadi dikalangan siswa SMAN 3 Dompu sejak tanggal 4 Desember 2021 (terjadi di lingkungan penduduk/luar halaman sekolah), yang hingga saat ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, bahkan lebih menunjukkan peningkatan ekskalasi pada minggu pertama masuk sekolah Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.


Sehingga kondisi KBM berlangsung tidak kondusif akibat terjadinya gangguan-gangguan keamanan dalam bentuk perkelahian siswa di waktu-waktu pelaksanaan belajar mengajar, dan membuat proses pembelajaran terganggu oleh karena papak dan ibu guru yang mengajar merasa tidak aman.


Guna memastikan proses layanan pendidikan di SMAN 3 Dompu tetap berlangsung sesuai tuntutan undang-undang, maka hari ini Sabtu tanggal 8 Januari pihak sekolah mengundang seluruh orangtua/wali siswa SMAN 3 Dompu dan pihak-pihak terkait untuk bisa bertanggungjawab dan lebih memperhatikan lagi pendidikan anak supaya memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik serta senantiasa mengawasi, memantau segala bentuk pergaulan anak-anak kami selama berada di luar sekolah.


Dalam poin surat pernyataan yang dibuat itu sebagai berikut.


Yang bertanda tangan di bawah ini:

1.Nama :Wawan Wiranto,S.Pd selaku Kepala Desa O'o yang mewakili Orang tua/Wali Siswa dari wilayah Desa O'o.

2.Nama :Aswad A.Bakar selaku Kepala Desa Karamabura yang mewakili Orang tua/Wali Siswa dari wilayah Desa Karamabura.


Pihak I dan Pihak II sebagai perwakilan dari orang tua/wali siswa masing-masing desa, siap menjamin bahwa anak-anak tidak akan terlibat lagi dalam setiap bentuk pelanggaran tata tertib SMA Negeri 3 Dompu, seperti;

a. Terlibat perkelahian.

b. Menjadi pemicu keributan.

c. Membawa senjata tajam (sajam), baik sengaja ataupun tidak disengaja.

d. Mengkonsumsi Miras dan atau Narkoba.

e. Pelanggaran tata tertib sekolah lainnya, selama anak-anak kami menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Dompu

3. Pihak I dan Pihak II sebagai perwakilan dari orang tua/wali siswa masing-masing desa bersedia menerima segala bentuk konsekuensi dari pelanggaran sebagaimana poin 2 di atas berupa dikembalikan ke orang tua atau dikeluarkan (di-Drop Out, DO) dari SMA Negeri 3 Dompu.(Din)