Africa Van Dompu Menggapai Dunia Menyapa Tambora
Cari Berita

Iklan 970x90px

Africa Van Dompu Menggapai Dunia Menyapa Tambora

Thursday, May 26, 2022

Foto: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si


 Dompu, Infobima.com - Gagasan yang luar biasa kini direncanakan Pemerintah Kabupaten Dompu lewat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk capaian pada Festival Tambora tahun 2022 dalam menggapai Dunia Menyapa Tambora.


Safari Doroncanga atau (Africa Van Dompu) rencana akan mampu menarik wisatawan mancanegara agar berkunjung di Tambora, Doroncanga, Kecamatan Pekat.


Peda perencanaannya, Pemerintah Kebupaten Dompu akan membuat MoU dengan menteri LHK tentang pengembangan destinasi wisata di kawasan Tambora (Doroncanga). 


Dalam wilayahnya, Pemda Dompu rencana akan membangun resort center poin untuk aktivitas wisatawan disekitar Doroncanga yang akan dinamakan Safari Doroncanga atau (Africa Van Dompu). Selai itu, taman nasional juga akan membenahi jalur pendakian gunung Tambora, mulai dari post satu hingga ke puncak.


"Disitu nanti akan dibangun hal-hal yang akan memotivasi masyarakat dalam hal konservasi dan pariwisata" Ungkap Kadisbudpar Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya.


" Nanti kita rencanakan, kita akan bangun guest house dan corporate reputation, kemudian kita akan membangun garasi untuk menyimpan mobil dan motor off-road" Kata pria yang biasa disapa pak Daeng ini.


Pada saatnya nanti lanjut pak Daeng, orang-orang akan bersafari di Doroncanga dengan menggunakan mobil off-road, start di rumah kuning lewat doro bente. Di tempat doro bente juga akan dibangunkan photo booth untuk dinikmati para wisatawan.


"Mobil off-road ini nanti akan berjalan dengan sembarang tanpa menggunakan jalur tetap, sehingga disitu ada nuansa dalam melihat safari di Padang Savana" Jelasnya.


Berangkat dari doro bente, para wisatawan akan kembali menuju Doroncanga, di doroncanga sendiri akan ada spot-spot dari segi pemandangan yang memanjakan mata serta lain sebagainya, habis itu langsung ke Sarae Nduha.


"Di Sarae Nduha itu, kita akan masuk sedikit di perkebunan tebu, kita minta ijin untuk membangun halte sebagai tempat peristirahatan" jelas pak Daeng.


"Dari keseluruhan ini kita namai Safari Doroncanga atau Africa Van Dompu untuk menggapai Dunia Menyapa Tambora" Tandasnya.(Din)