Pekan Depan Bulog Mulai Serap Jagung Petani di Dompu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pekan Depan Bulog Mulai Serap Jagung Petani di Dompu

Saturday, May 21, 2022

 

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Pemerintah Kabupaten Dompu dan Perum Bulog untuk Menyerap Jagung Petani


Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu telah membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Perusahaan Bulog (Perum Bulog) dalam menyerap jagung petani di Dompu. Sabtu 21 Mei 2020.


Penandatanganan MOU tersebut berlangsung di Pandopo Bupati, dihadiri oleh Bupati Dompu Kader Jailani, Sekda Dompu, Direktur Perum Bulog Pusat, Pimpinan Bulog Wilayah NTB, Pimpinan Bulog Cabang Bima dan sejumlah pejabat lainnya.


Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) atau memorandum of understanding antara Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Perum Bulog Cabang Bima NTB, PT. Bank BRI (Persero) Kantor Cabang Dompu, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Riwo, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lanci Maju, tujuan untuk pengembangan, penjualan komoditi jagung di Dompu.


Direktur Perum Bulog Pusat Feby Novita mengatakan, seperti dalam kesepakatan, pihaknya akan berkomitmen untuk segera menyergap jagung di Dompu. Dia memastikan bahwa Bulog akan mulai menyerap jagung petani pada pekan depan dengan standar-standar aturan pembelian yang ada.


"Insya Allah Minggu depan kita mulai menyerap, tapi untuk standarisasinya kita tetap sesuaikan dengan kouta. Dompu sudah menjadi prioritas kita untuk penyerapan jagung, kita mohon kerjasama yang baik dari Gapoktan dan Bumdes untuk mensosialisasikan program ini kepada masyarakat, mudah-mudahan program ini berjalan lancar" Ungkap Feby.


Soal standar pembelian, pihak Bulog dan Pemda belum membocorkan hal itu, namun yang pasti pihak Bulog akan mengambil jagung petani sesuai kadar air dan kualitas jagung.



Bupati Dompu Kader Jailani mengungkapkan, penandatanganan MoU ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan kerja sama penjualan dan pembelian komoditi jagung dalam mendukung upaya pemerintah dan kedaulatan pangan nasional.


Kerjasama ini sangat penting dalam keberlanjutan komoditi jagung di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini. "Kami sangat berharap kepada para pihak agar mematuhi segala ketentuan UU dalam hal yang ditandatangani, sehingga nantinya nota kesepahaman ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan di Dompu" Ucapnya.(Din)