Telah Digelar Festival Teater Pelajar dan Pekan Budaya, Rangkaian Festival Tambora 2022
Cari Berita

Iklan 970x90px

Telah Digelar Festival Teater Pelajar dan Pekan Budaya, Rangkaian Festival Tambora 2022

Sunday, May 22, 2022

 

Pembukaan festival teater pelajar dan pekan budaya, momen perayaan hari jadi Dompu ke 207 dan festival Tambora 2022


Dompu, Infobima.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu menggelar festival teater pelajar dan pekan budaya, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT di lapangan bola Karijawa, Dompu NTB, Sabtu 21 Mei 2022.


Momen pembukaan festival tersebut dihadiri oleh Sekda Dompu, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, anggota DPRD, Dandim 1614 Dompu serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Dompu.


Festival teater pelajar dan pekan budaya tingkat Kabupaten Dompu ini digelar khusus bagi pelajar tingkat SMA sederajat, SMK dan Madrasah Alia (MA). Acara ini juga merupakan rangkaian kegiatan perayaan hari jadi Dompu ke 207 dan Festival Tambora tahun 2022.


Dalam pekan budaya ini Disbudpar akan menampilkan beberapa item suguhan budaya yang disiapkan untuk mewakili nilai-nilai budaya asli Dompu seperti tari tradisional, permainan rakyat dan biola. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 21 sampai 23 Mei 200.




Ketua Panitia pelaksana Festival Teater Pelajar Ir Abdul Muis, M.Si menyampaikan, bahwa malam merupakan malam pembukaan Festival Teater Pelajar dan pekan budaya yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Tambora yang pada puncaknya akan dirayakan di Padang Savana Doro Ncanga pada tanggal 4-5 Juni 2022.


Abdul Muis melanjutkan, acara ini merupakan momentum bagi kita, sebab, daerah yang hebat itu adalah daerah yang memperhatikan, memelihara dan mengimplementasikan nilai budaya dalam hidup dan kehidupannya.


Lanjut, momen ini adalah momentum terbaik, karena dalam pemerintahan AKJ-SYAH kita mendapat 2 pengakuan terhadap nilai-nilai kebudayaan kita yaitu, kuliner tradisional "Timbu" dan Muna pa,a yang akan segera didokumentasikan sebagai milik Dompu yang sah.


"Dompu sudah memiliki 2 item warisan budaya harta benda yaitu Timbu dan Muna Pa,a yang kini sudah masuk pada catatan Balai Pelestarian Budaya Nasional (Bali) yang tidak bisa diklaim oleh daerah lain" Ungkapnya.(Din)