Buktikan mampu cetak generasi terampil, SMKN 01 Manggelewa Pamer " Ntau Ndai " 
Cari Berita

Iklan 970x90px

Buktikan mampu cetak generasi terampil, SMKN 01 Manggelewa Pamer " Ntau Ndai " 

Tuesday, November 1, 2022

 

Foto: Kepala SMKN 01 Manggelewa, Abdul Yaris, ST, saat kegiatan road show dan talk show bersama Gubernur NTB di Lapangan Bringin, Pemda Dompu


Dompu, Infobima.com - SMKN 01 Manggelewa Kabupaten Dompu_NTB, membuktikan diri sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang mampu mencetak generasi terampil dan berdaya saing dalam dunia kerja dengan memamerkan sejumlah hasil Karya dan Inovasi para Siswa/Siswi di acara " Road show dan Talk show " bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah SE. M.Msc, yang di gelar Pemda Dompu di Lapangan Beringin pada, Selasa (18/10/2022) lalu.




Kepala Sekolah SMKN 01 Manggelewa Abdul Yarid ST, yang ditemui di ruang kerjanya, pada Senin, 30/10/22 menjelaskan, bahwa dalam Kegiatan tersebut Sekolahnya  memamerkan sejumlah Karya dan Inovasi para Siswa/Siswi. Di antaranya, Permen Susu, Susu Herbal, gantungan Kunci, pakaian yang menggunakan Bahan pewarna Alami, Cover Bag, beberapa jenis kerajinan dari Kain Perca/Sisa.



" Hari ini kami menampilkan beberapa Produk makanan olahan yang berbahan dasar susu, Seperti permen dan susu herbal yang berkhasiat sebagai penambah Vitalitas, Abon Mercon,  beberapa jenis kerajinan yang terbuat dari Barang bekas maupun kain Perca/sisa serta beberapa produk lainnya ", Jelasnya.




Hebatnya lagi, yang bahkan sempat jadi pusat perhatian Gubernur NTB beserta  Rombongan yang saat itu di dampingi Bupati dan Wakil Bupati Dompu bersama Jajarannya adalah Produk Sayur - mayur  yang merupakan hasil Budidaya Hidroponik serta Beras lokal Organik yang di kembangkan dengan teknik Hidroponik pula yang di beri Merk " NTAU NDAI ".



Menurut Abdul Yarid, Produk Sayur dan beras organik NTAU NDAI yang dibudidayakan dengan teknik hidroponik, bisa menjadi terobosan dan salah satu contoh Alternatif bagi Masyarakat di bidang Pertanian, karena Sistem budidaya Hidroponik tidak memerlukan Media tanam/lahan yang luas.



" Ntau Ndai adalah Contoh produk Hidroponik yang Sukses dibudidayakan dengan menggunakan lahan secara Efisien dan maksimal, ini bisa jadi contoh dibidang pertanian khususnya Masyarakat Dompu ", Ujarnya.



Kepala SMKN 01 Manggelewa tersebut berharap, produk - produk yang dipamerkan di acara tersebut bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat untuk di kembangkan sebagai ladang Wira-usaha baru sehingga menambah dan menumbuh kembangkan Perekonomian keluarga.



" Semoga Produk - produk hasil karya dan inovasi SMKN 01 Manggelewa yang di pamerkan di acara ini bisa menjadi contoh dan Inspirasi bagi Masyarakat, sehingga memiliki nilai ekonomi bagi Keluarga ", Harapnya.




Untuk diketahui, Agenda kegiatan yang bertemakan " Sinergitas pengembangan SDM Industri dalam mendukung industri Prioritas di Kabupaten Dompu " tersebut merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang di jadwalkan oleh Bapak Gubernur NTB dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Dompu yang di jadwalkan selama beberapa hari.



Selain Jajaran OPD Kabupaten Dompu, hadir pula dalam kegiatan tersebut Camat, Lurah/kepala desa se-Kabupaten Dompu, tokoh Pemuda serta tokoh Masyarakat.(IB).