Dandim 1614/Dompu bersama BKPH Toffo Pajo Soromandi Melakukan Penghijauan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dandim 1614/Dompu bersama BKPH Toffo Pajo Soromandi Melakukan Penghijauan

Sunday, February 12, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Bertempat di lokasi kawasan hutan Desa Karamabura, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Dandim 1614 Dompu, Letkol Kav Taufiq, S.Sos bersama kepala BKPH Toffo Pajo Soromandi melakukan penghijauan dengan cara sistem Agroforestry, menanam bibit buah buahan yang bermanfaat secara ekonomi sekaligus untuk mengembalikan fungsi hutan yang rusak akibat perladangan liar oleh masyarakat.


Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Kodim 1614/Dompu dan anggota KPH serta unsur pemerintah Desa Karamabura, pada Sabtu (11/2/23).


Dandim1614 Dompu, Letkol Kav Taufiq, S.Sos dalam sambutannya.

"Alhamdulillah siang ini kami kodim 1614/Dompu bersama pak faruk kepala BKPH toffo Pajo soromandi melaksanakan penanaman, atau penghijauan kembali hutan yang sudah rusak dan di jadikan sebagai Demplot Kodim 1614/Dompu dengan sistem Agroforestry, bahwa pohon yang ditanam ini akan bernilai ekonomis" ungkapnya.


Kegiatan ini sebagai contoh untuk masyarakat untuk mengembalikan fungsi hutan yang rusak akibat perladangan liar oleh masyarakat selama ini.


"Kami Kodim 1614/Dompu berharap kepada masyarakat supaya dapat menanam kembali pohon, dengan jenis pohon apa saja seperti yang kita lakukan sekarang, Contohnya buah buahan, Durian, alpukat, matoa, mangga dan lainnya yang bisa bernilai ekonomi sehingga hutan juga tetap terjaga, dan buahnya bisa bermanfaat secara ekonomi oleh masyarakat" tandasnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai KPH Toffo Pajo Soro Mandi  Faruk HMI, S. Hut, juga menyampaikan.


"Kami dari Balai KPH Toffo Pajo Soro Mandi mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim 1614/Dompu beserta seluruh anggotanya, yang telah meluangkan waktunya untuk  bergabung bersama kami menanam pohon di lokasi yang kita jadikan Demplot. Demplot ini adalah sebagai contoh bagi masyarakat yang sudah terlanjur merusak hutan akibat perladangan liar, oleh karena itu, harapan kita semua agar masyarakat menanam kembali pohonnya seperti yang kita lakukan hari ini, dengan cara menanam pohon buah buahan sehingga hutan terlindungi dan hasilnya bisa di rasakan oleh masyarakat" kata Faruk.(D)