Babinsa Desa Adu Koramil 1614-03/Hu'u Adakan Komsos Bersama Warga Binaannya -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Desa Adu Koramil 1614-03/Hu'u Adakan Komsos Bersama Warga Binaannya

Friday, June 2, 2023



 Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Adu Serka landa giat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga masyarakat binaannya di Dusun Tahira Desa Adu Kec Hu'u Kab Dompu. Pada Kamis 01 juni 2023,Pukul 08.30 Wita.


Pada kesempatan tersebut, Babinsa berkesempatan untuk membahas terkait dengan maraknya peredaran Rokok Ilegal dikalangan masyarakat akhir-akhir ini.


Hal ini sangat membahayakan dan juga merugikan bagi warga masyarakat yang berprofesi sebagai penjual rokok yang bermerek dan berlebel beacukai sah, Terlebih lagi bagi warga yang mengkonsumsinya. 


Rokok ilegal ini adalah rokok yang dalam proses pembuatannya dan peredarannya tidak memenuhi standar ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang beacukai dan badan POM,(Dapat di kategorikan sebagai rokok ilegal). 


Bentuknya Polos dan tidak dilengkapi dengan lebel pita bea cukai seperti biasa pada rokok asli pada umumnya. Menggunakan pita bea cukai yang bukan aslinya atau disamakan dengan yang aslinya.Dari segi harganya juga relatif murah.


Dengan maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran ini juga di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kurangnya kesadaran masyarakat untuk tertib terhadap hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait produk ilegal.


Babinsa menghimbau kepada warga masyarakat terutama pedagang dan pengguna agar menghindari perdagangan dan mengkonsumsi rokok ilegal,  karena hal itu merupakan perbuatan melanggar hukum dan merugikan Pemerintah.


Apabila masih ditemukan oknum warga masyarakat sengaja menjual rokok ilegal tersebut agar dilaporkan kepada pihak yang berwenang agar segera ditindak lanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku. Tegas Babinsa