BPPAUD dan Dikmas NTB Gelar E-Training PTK PAUD
Cari Berita

Iklan 970x90px

BPPAUD dan Dikmas NTB Gelar E-Training PTK PAUD

Tuesday, December 12, 2017



Mataram NTB, koranlensapos.com** Dalam rangka menjamin mutu dan kualitas pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPPAUD dan Dikmas) Propinsi  Nusa Tenggara Barat, sejak senin (11/12/2017) menggelar Diklat Dasar PTK PAUD melalui E-Training. Kegiatan yang dibuka resmi Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, Drs Eko Sumardi,M.Pd didampingi Ahmad Bawazir,SH, selaku Kasi PSD BPPAUD dan Dikmas NTB, dilaksanakan selama 3 hari, yakni 11 – 13 Desember 2017 di Gedung disiplin BPPAUD dan Dikmas NTB Mataram, dan dihadiri peserta dari 10 Kabupaten/ Kota se NTB.


Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, Drs Eko Sumardi,M.Pd, menyampaikan apresiasi kepada peserta Diklat, menurutnya, Diklat ini adalah upaya percepatan, penguatan dan peningkatan kompetensi  Guru  PAUD  yang bermutu. Keberhasilan penyelenggaraan diklat tersebut di dukung oleh berbagai faktor, yakni adanya kerjasama antara BPPAUD dan Dikmas NTB dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Ditambahkannya, BPPAUD dan Dikmas NTB telah melakukan pembinaan dan pengendalian secara optimal yang dilaksanakan dalam bentuk monitoring dan evaluasi kegiatan diklat diseluruh kabupaten/kota sebanyak 2 tahap. Monitoring tahap pertama yang dilakukan dalam bentuk visitasi lapangan dengan konsentrasi pada keaadaan perkembangan dan permasalahan penyelenggaraan diklat. Sementara monitoring tahap II dilakukan dengan cara visitasi lapangan dengan konsentrasi pada pelaksanaan ujian komprehensif.


Disebutkannya, bahwa Program Diklat Dasar PTK PAUD melalui E-Training sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana, akan tetapi masih terdapat berbagai kendala dan permasalahan seperti masa waktu belajar yang sangat  singkat, ketersediaan fasilitas jaringan internet untuk pelaksanaan ujian komprehensif, kemampuan peserta mengoperasikan komputer dalam mengakses materi diklat, belum optimalnya kolektifitas kerjasama Tim Fasda melaksanakan tugas dan fungsinya, dan belum tersedianya biaya operasional kegiatan diklat  di Kabupaten/Kota, untuk itu BPPAUD dan Dikmas NTB sebagai penyelenggara sangat penting melakukan evaluasi dalam rangka pengambilan keputusan dan tindak lanjut. Pada kesempatan Diklat E-Training ini, Drs Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan materi, yakni “Kebijakan Umum BPPAUD dan Dikmas NTB dalam pelaksanaan Diklat Dasar PTK PAUD melalui E-Training 2017”. Sementara itu, H.Ahmad Bawazir,SH menyampaikan tentang “Harmonisasi program dan rencana Diklat Dasar PTK PAUD melalui E-Traning  tahun 2018”. (Tim/ Sukur Bima)