Bupati Bima Terima Sertifikat Geopark Tambora
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Bima Terima Sertifikat Geopark Tambora

Monday, December 18, 2017


Bima,  koranlensapos.com**Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun ini ditandai dengan sejumlah kegiatan penting diantaranya adalah penyerahan sertifikat Geopark Tambora Kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri Minggu (17/12)  di Eks Bandar Udara Selaparang Kota Mataram. Bupati Bima usai penerimaan Sertifikat tersebut mengatakan, “Penerimaan sertifikat Geopark Tambora ini diharapkan akan lebih meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, manajemen Geopark dan elemen masyarakat lainnya agar keunikan, keberagaman  sumber daya hayati, ekosistem dan nilai sejarah warisan geologi yang terdapat di kawasan Tambora ini menjadi perhatian kita semua”. 

Dikatakan Bupati, “Komitmen Pemerintah Daerah jelas, kawasan Tambora akan menjadi prioritas pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu sinergi dengan seluruh elemen akan terus ditingkatkan. Sehingga, ke depan masyarakat setempat akan dapat merasakan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keberadaan Geopark Tambora ini”.Jelas Bupati.  Sementara itu,  Kepala Bappeda Provinsi NTB  Ir. Ridwansyah, M. Sc. MM. MTP dalam laporannya kepada Gubernur NTB pada Upacara Peringatan tersebut memaparkan,  “penyerahan sertifikat Geopark Tambora sebagai Geopark Nasional kepada Bupati Dompu, Bupati Bima dan General Manager Geopark Tambora oleh Gubernur NTB, merupakan tindak lanjut dari penetapan Tambora sebagai Geopark Nasional oleh Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) kepada Pemerintah Provinsi NTB tanggal 24 November 2017 pada acara Seminar Nasional dan Festival Geopark II Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung”. Papar Ridwansyah. Sesuai data dari T.N Tambora, secara administrasi, Geopark Gunung Tambora berada dalam dua wilayah kabupaten dan termasuk empat kecamatan didalamnya. Kabupaten tersebut Bima (Kecamatan Sanggar dan Tambora) serta Kabupaten Dompu (Kecamatan Kempo dan Pekat) dengan luas kawasan mencapai 2.130 km2.
        Dari aspek kewilayahan, tahun 2016, Kawasan Geopark Gunung Tambora berada pada posisi 8°5’- 8°35’ Lintang Selatan dan 117°40-118°20’ Bujur Timur didiami 12.764 jiwa di Kecamatan Sanggar dan 9.128 jiwa di kecamatan Tambora  dengan mata pencaharian utama di sektor pertanian, kehutanan, dan peternakan. (Humas)