Gempa Tektonik Guncang Bali - Lombok
Cari Berita

Iklan 970x90px

Gempa Tektonik Guncang Bali - Lombok

Tuesday, May 22, 2018


Mataram, Lensa Post NTB -  Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 skala ritcher, Selasa (22/5/2018) sekitar pukul 18.01.43 WITA. Mengguncang wilayah Bali dan Lombok. Hasil analisa BMKG  menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada kordinat 9,02 LS dan 115,63 BT atau tepatnya pada jarak 33 km arah Tenggara Klungkung Bali pada kedalaman 91 km.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Denpasar, Mataram, dan Kuta dalam skala intensitas II SIG (III MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu, di Karangasem dan Jimbaran guncangan lemah dirasakan dalam skala intensitas I SIG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masih informasi BMKG, bahwa  Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hingga pukul 18:21 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di wilayah Bali Dan Lombok dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Tim LP.NTB/BMKG)