Jelang MotoGP Mandalika, Sandinya Ini Persiapkan Desa-Desa Wisata di NTB.
Cari Berita

Iklan 970x90px

Jelang MotoGP Mandalika, Sandinya Ini Persiapkan Desa-Desa Wisata di NTB.

Saturday, January 16, 2021



Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terpilih Sandiaga Uno, didampingi oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah, sedang memantau langsung Lokasi MotoGP Mandalika.


Mataram, Media Info Bima Online - Menjelang ajang MotoGP Mandalika, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mendorong berbagai potensi dan daya tarik Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkuat sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan.


Ia mengatakan selain infrastruktur dan interkoneksi, penyiapan MotoGP tidak terlepas dari dukungan kearifan lokal di desa wisatanya.

Ia menyontohkan makanan dan minuman khas Lombok serbat campuran dan serabi rumput laut.


Sandiaga Uno, meyakini memperkuat kearifan lokal akan turut menyukseskan penyelenggaraan MotoGP 2021, yang rencananya akan dihelat di Mandalika.


"Ada makanan khas Lombok lainnya yaitu ayam taliwang, plecing, dan nasi puyung. Semua yang menjadi ciri khas dari Lombok akan kita angkat, kita akan kurasi, karena kita punya programnya dan kita akan bikin event-event yang lebih banyak di sini," ujar Sandiaga Uno mengutip Tribunnews saat mengunjungi Desa Wisata Bilebante, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (15/1/2020).


Sandiaga melanjutkan, karena desa ini juga termasuk Desa Wusata sehat, salah satu yang bisa di dorong adalah medical tourism atau pariwisata berbasis kesehatan.


Pada 2017, Desa Wisata Bilebante mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai Desa Wisata terbaik dalam ajang Desa Wisata Award 2017. (Usman).