SMPN 2 Dompu Dapat Kunjungan Team Penilai Lomba Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Propinsi
Cari Berita

Iklan 970x90px

SMPN 2 Dompu Dapat Kunjungan Team Penilai Lomba Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Propinsi

Tuesday, January 19, 2021

 

Kunjungan Tim Penilaian Lomba Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi NTB


Dompu, Infobima.com - Team Penilaian Lomba Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Provinsi NTB mengunjungi SMPN 2 Dompu, kunjungan ini guna melakukan penilaian dalam Lomba yang bertajuk untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik, sebagai bagian dari pendidikan literasi. 


Tidak hanya di SMPN 2 Dompu, team juga menilai beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Dompu seperti, MTs, MAN, SMA sederajat, pada Selasa (19/1/20).


Ketua team Pengkajian Bahasa dan Sastra Provinsi NTB, Nur Kholis Muslim didampingi Kepala SMPN2 Dompu Abdul Basith, S.Pd, dan Kepala  Administrasi Arsip Siti Nur Jahra, mereka melakukan penilaian di SMPN 2 Dompu selama kurang lebih satu jam berlangsung.


Menurut Nur Kholis  Muslim, penilaian dilakukan fokus pada objek penggunaan bahasa pada lembaga sekolah masing-masing  seperti ; literasi tulisan nama sekolah, sarana umum, ruang pertemuan, product barang atau jasa, jabatan, penunjuk arah atau rambu umum, tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya. 


Menurut Nur Kholis, wajah bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai pemersatu di lingkungan sekolah.


"Aksi Nasional semacam ini untuk meningkatkan ketertiban berbahasa di ruang publik sebagai bagian dari pendidikan literasi sepanjang hayat." Pungkasnya.


Nur Kholis Muslim menambahkan sejumlah sekolah sebagai peserta dalam lomba ini akan diseleksi untuk merebutkan penghargaan wajah bahasa sekolah tahun 2021.

" Lima peserta sekolah terbaik akan mendapatkan uang pembinaan Wajah Bahasa Sekolah masing-masing 3 juta rupiah dari panitia seleksi tingkat Propinsi" ungkap Nur Kholis.



Selain mendapatkan hadiah berupa uang, " panitia juga akan menyediakan piagam penghargaan bagi lima peserta terbaik," tambahnya.


Menurutnya penilaian tersebut akan dilakukan di Mataram pada tanggal 22 Febuari 2021 untuk tingkat propinsi . Sementara untuk tingkat nasional akan berlangsung pada tanggal 15 Mei 2021, lanjut dia. 


Sementara itu, Kepala SMPN 2 Dompu, Abdul Basith, S. Pd. Merasa bersyukur atas berkunjungnya Team dari Kantor Bahasa dan Sastra Propinsi NTB karena sudah melihat dan menilai secara langsung keberadaan wajah sekolah yang dibinanya.

"Kami ucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya, semoga SMPN 2 Dompu termasuk mendapatkan yang terbaik, Harap Abdul Basith.  ( Din )