Ada 10 Kasus DBD di Desa Lepadi; PKM Ranggo dan Dikes Lakukan Fogging
Cari Berita

Iklan 970x90px

Ada 10 Kasus DBD di Desa Lepadi; PKM Ranggo dan Dikes Lakukan Fogging

Tuesday, February 9, 2021

 

Puskesmas Ranggo Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Lakukan Pembasmian Nyamuk Demam Berdarah dengan Fogging Sejumlah Titik


Dompu, Infobima.com - Ada empat titik di Desa Lepadi, Kecamatan Pajo yang difokuskan Puskesmas (PKM) Ranggo bersama Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu untuk dilakukan fogging dalam membasmi adanya nyamuk Demam Berdarah (DBP).


Pelaksanaan fogging yang dilakukan PKM Ranggo dan Dikes di Desa Lepadi pada Selasa (9/2/21) ini, mengingat adanya peningkatan kasus DBD yang terjadi di Desa Lepadi. Terhitung sejak awal Januari kemarin hingga Februari sekarang sudah terdapat 10 kasus DBD yang terjadi di Kecamatan Pajo, yang secara keseluruhan terjadi di Desa Lepadi menurut Kepala Puskesmas Ranggo Hidayat, S.S.iT.


"Untuk bulan Januari kemarin terdapat 6 kasus, kemudian pada February ini ada 4 kasus, jadi total ada 10 kasus yang terjadi. Untuk kecamatan Pajo baru hanya ada di Desa Lepadi saja" Ungka Hidayat.



Pelaksanaan fogging yang dilakukan PKM Ranggo dan Dikes ini masih fokus pada empat titik di Desa Lepadi ini saja. Kepala PKM Ranggo yang ditemui mengaku, bahwa untuk melakukan fogging ini harus ada kasus dulu dan tidak bisa harus menjangkau langsung dengan skala Desa maupun Kecamatan.


"Jadi, kita lakukan fogging pada empat titik ini saja berdasarkan per-kasus. Misalnya disini ada kasus, radiusnya hanya 50 meter kita fogging dan kita pindah lagi ke titik yang lain. Kalau pelaksanaan untuk menjangkau seluruh Desa yang ada, itu adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) plus Menutup, Menguras, Membakar" Katanya.


Mengingat tingginya kasus DBD yang terjadi, Kepala Puskesmas Ranggo Hidayat, S.S.iT mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pajo agar selalu menjaga kebersihan, kemudian melaksanakan 3M Plus, Katanya.(Din)