Kepala Desa Kawuwu Langgudu Bima Harus Bertanggung Jawab Atas Kejadian Ini
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kepala Desa Kawuwu Langgudu Bima Harus Bertanggung Jawab Atas Kejadian Ini

Wednesday, February 10, 2021

Oleh : Fen Yasin Arfan Aktifis AMM / Angkatan Muda Muhamadiyah 


Bima, Media Info Bima Online - Menyoroti kasus Pembakaran rumah Ama haja dan Ina haja Desa Kawuwu Langgudu Bima NTB  masyarakat melakukan kriminalitas atau main hakim sendiri Tampa ada barang Bukti kedua Pelaku tersebut. Saya minta kepada Aparatur Kapolres Bima Kota serta Kapolsek Langgudu segera Tangkap Pelakunya sebab tindakan hal tidak di benarkan kalau main hakim sendiri Tampa ada saksi mata yang melihat kedua pelaku tersebut di duga sebagai tukang sihir .


Seharusnya Pemerintah Desa Kawuwu  Kecamatan Langgudu bijaksana dalam menghadapi masyarakat yang bermain hakim sendiri Tampa ada alat bukti atau barang bukti maupun saksi mata yang melihat keduanya ini sebagai tukang santen (Sihir) apakah ada saksi mata atau barang bukti .


Saya menilai aparat kepolisian dan Pemerintah Desa Kawuwu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima tidak konsisten menerapkan hukum yang berlaku di Indonesia sebagai negara hukum. Akan tetapi, Pemerintah Desa Kawuwu sendiri harus bertanggung jawab atas persoalan ini. Lebih baik mencari bukti atau saksi mata yang melihat kedua  kake, nenek itu sebagai tukang sihir Apakah benar atau tidak, jangan masyarakat itu sendiri melakukan tindakan yang melanggar hukum atau Ham sesama manusia . Saya menilai kasus tersebut sudah melanggar HAM  manusia dan Hukum yang berlaku. Akibat kelakuan ini banyak sekali kerugian Korba tersebut .


Apakah dalam kajadian tersebut ada saksi mata melihat kedua Ama haja dan Ina haja ini sebagai tukang sihir (Santek ).



Saran saya kepada Pemerintah Desa Kawuwu Lante dan pihak Kepolisian Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima NTB segera tangkap pelakunya dan minta keterangan apakah orang-orang yang melakukan pembakaran tersebut memiliki saksi mata dan barang bukti terkait Ina haja dan Ama haja  sebagai tukang sihir.


Pemerintah Desa Kawuwu Saya minta segerah di pecat karna tidak bertanggung jawab malah membiarkan masyarakat nya sendiri main hakim Tampa ada saksi mata terkait kasus tersebut .


Kapolres Bima Kota segerah mencopot Kapolsek Langgudu  karna di nilai tidak mampu melindungi masyarakatnya, ungkap Fen kepada media ini. (Usman).