BPBD Kota Bima, Kenalkan Anak TK Alat Penanggulangan Bencana
Cari Berita

Iklan 970x90px

BPBD Kota Bima, Kenalkan Anak TK Alat Penanggulangan Bencana

Monday, March 29, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Dalam rangka memperkenalkan sejak Dini terhadap Anak "Tentang Migitasi, Penanggulangan Bencana di Kota Bima, serta mengedukasi tentang Sarana dan Peralatan Penanganan Kebencanaan di Kota Bima. Kegiatan di maksud di ikuti oleh TK-Ya Bunayya dengan melibatkan sebanyak 35 Santri dan Santiwati juga didampingi para pembimbing.



Program pengenalan alat-alat penanggulangan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima mendapat respon posisif dari kalangan dunia pendidikan di Kota Bima bahkan guru-guru Taman Pendidikan Kanak-kanak juga tertarik mengikutsertakan anak didik mereka pada program pengenalan ini.

Kepala BPBD Kota Bima, Hj. Siti Zainab, Senin, (29//03/2021) mengatakan, pihaknya selalu menyediakan waktu bagi guru dan siswa yang ingin ikut dalam kegiatan pengenalan upaya penanggulangan bencana.



"Biasanya para guru menyampaikan surat resmi kepada kami beberapa pekan sebelumnya sehingga kami menjadwalkan kegiatan kunjungan siswa pada program pengenalan penanggulangan bencana," ujar Zainab kepada media ini.



Zainab, mengatakan, pihaknya membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk persiapan mendirikan tenda, peralatan sehingga baru bisa mengabulkan permohonan guru jika disampaikan sekitar dua pekan sebelumnya.

Ia mengakui antusias sekolah yang ingin ikut program kegiatan pengenalan penanggulangan bencana ini cukup besar, terbukti hampir setiap minggu selalu ada surat permohonan yang masuk ke BPBD Kota Bima untuk mengikuti kegiatan tersebut.



Pada kegiatan ini, terangnya, siswa diperkenalkan sejumlah fasilitas dan alat penanggulangan bencana seperti, Mobil Rescue Double Cabin, Mobil Dapur Umum, Mobil Ford Rescue Pickup, Mobil Ford Ranger Double Cabin, Mobil TRUCK Evakuasi, Perahu Karet, Mesin Perahu Karet, Mesin Kompresor Oksigen SCBA, Tenda Posko, Tenda Pleton, Tenda Reg, Velbed, HT, RIG, SSB, Lampu Senter HID, Genset, Matras, Tandu Evakuasi, HELM Rescue, Jaket Pelampung, Sarung Tangan Rapling, Sepatu Coral, Mesin Potong Rumput, Kaos Kaki selam katak, Selang Udara Selam, Alat Selam, Tas Selam, Sepatu Karet, Mesin Bor, Peralatan Dapur Umum, Kompor Seba Guna, dan fasilitas petugas dilapangan lainnya.



Kepada siswa juga ditayangkan audio visual kegiatan penanggulangan bencana dan langkah-langkah penyelamatan korban bencana alam serta pengetahuan dan keterampilan lainnya terkait penanggulangan bencana.



"Anak-anak dipersilakan mencoba beberapa alat seperti Matras, Tandu Evakuasi, HELM Rescue, Jaket Pelampung, Sarung Tangan Rapling, Sepatu Coral, Mesin Potong Rumput, Kaos Kaki selam katak, Selang Udara Selam, Alat Selam, Tas Selam, Sepatu Kare, agar sejak dini mereka dilatih untuk bisa menjaga diri dan terampil menghindari bencana," tutup Zainab. (Usman).