Mushollah SMPN 4 Kota Bima Dapat Bantuan BAZNAS Kota Bima, Sekaligus Gelar Sosialisasi
Cari Berita

Iklan 970x90px

Mushollah SMPN 4 Kota Bima Dapat Bantuan BAZNAS Kota Bima, Sekaligus Gelar Sosialisasi

Tuesday, March 2, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - BAZNAS Kota Bima menggelar sosialisasi zakat infaq dan sedekah (ZIS) di SMPN 4 Kota Bima. Sosiasilasi yang digelar merupakan tindak lanjut dari kegiatan rutin.


Disamping SMPN 4 Kota Bima, juga BAZNAS menggelar kegiatan yang sama di sejumlah SMP/MTS Negeri Se Kota Bima. Dari lima komisioner Baznas Kota Bima dibagi menjadi dua tim, yaitu tim I dan Tim II. Selasa, (2/3/21)



Untuk TIM I terdiri dari WAkil Ketua I dan II beserta anggota. Dan TIM II, Wakil Ketua III dan IV beserta anggota. Dan tetap dikoordinir oleh Ketua BAZNAS Kota Bima.



Wakil Ketua III BAZNAS Kota Bima, Drs. H. Tajudin dan Wakil Ketua IV H. Mustamin, SH mengajak guru dan siswa untuk membayar zakat. Perintah membayar zakat adalah perintah dalam Alquran yaitu dirikan sholat dan tunaikan zakat. Perintah ini tertuang dalam surat Al baqarah. "Perintah sholat dan zakat itu jelas tertuang dalam Al Qur,an". Ungkapnya.



Lanjut Tajudin, bahwa dari zakat itu sesungguhnya untuk membantu kemaslahatan umat. Termasuk mengurangi angka kemiskinan. Karena dari zakat itu akan disalurkan kembali untuk membantu warga yang tidak mampu. Tandas Tajudin.



Sambung H. Mustamin, bahwa disamping perintah Al Qur'an juga masalah zakat diatur dalam aturan pemerintah. Jadi kewajiban membayar zakat itu adalah masuk dalam rukun Islam. Maka dari itu membayar zakat tidak mesti menunggu kaya dulu.



Sebab masalah zakat itu adalah sangat penting sebagai kewajiban untuk membersihkan diri dan harta. Baik itu zakat mal maupun zakat fitrah. Bantuan bantuan yang disalurkan tersebut untuk asnaf. Termasuk fakir miskin.



"Sedikitnya ada delapan asnaf yang berhak menerima dari zakat hasil kumpulan yang ada. Baik itu zakat mal, fitrah maupun zakat profesi". Terangnya.



Pantauan reportasebima.com di tempat kegiatan, nampak Ketua dan anggota BAZNAS Kota Bima disambut hangat oleh Kepsek dan para guru di SMPN 4 Kota Bima.



Kepsek SMPN 4 Kota Bima, Ida Asriati Nur, SPd mengaku bangga atas kehadiran Ketua dan anggota BAZNAS Kota Bima. Dia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kegiatan sosialisasi terkait zakat.



Utama sekali perhatian, dukungan dan bantuan untuk musholah SMPN 4 Kota Bima."kami sampaikan ucapan terima kasih kepada BAZNAS Kota Bima atas perhatian, bantuan dan dukungan yang ada". Ucanya.



Sementara Ketua BAZNAS Kota Bima, H. NURDIN, S. Sos, MM, lebih memperkenalkan diri, dan baru menjabat sebagai Ketua BAZNAS Kota Bima lebih kurang delapan bulan. 



Dia menyampaikan, ada enam SMPN saja yang membayar zakat. Dan SMPN 4 Kota Bima termasuk SMPN yang nomor dua dari enam SMPN yang ada. 



Dari kunjungan dan kegiatan sosialisasi yang ada, pihak BAZNAS Kota Bima memberikan bantuan kepada mushollah di SMPN 4 Kota Bima, untuk beasiswa siswa siswi penghafal Al Qur,an juga menyerahkan Kota amal. 



Kata H. Nurdin, bahwa dari zakat yang terkumpul, dan untuk bantuan fakir miskin saja sudah mencapai sebesar Rp. 300 juta yang telah dibayarkan. 



Sebenarnya posisi zakat itu tidak memandang miskin kaya. Karena kewajiban yang harus ditunaikan. Dan peruntukannya jelas untuk kemaslahatan umat. Tandasnya. (Usman).