Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kab. Dompu Bertahan di Nilai "B"
Cari Berita

Iklan 970x90px

Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kab. Dompu Bertahan di Nilai "B"

Friday, April 23, 2021

 

Bupati Dompu Kader Jaelani


Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu masih dapat mempertahankan nilai Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai B. Hal tersebut disampaikan Plt. Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB RI, Agus Uji Hantara. Penegasan tersebut dituangkan dengan Surat Nomor: B/365/AA.05/2021 tentang Hasil Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. 


Agus Uji Hantara mengungkapkan bahwa, SAKIP merupakan amanat dari PP Nomor:8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor: 29 tahun 2014 tentang Sakip. Berdasarkan hasil evaluasi Pemkab Dompu memperoleh nilai Sakip 60,52 atau predikat B, ungkapnya.


Menurut, Agus Uji Hantara, "Dengan hasil evaluasi ini menunjukan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kerja pemerintah yang berorientasi hasil pada Pemkab Dompu menunjukan hasil yang baik. Walau hasil sudah dengan predikat B, masih membutuhkan perbaikan lebih Lanjut" Pungkasnya.


Dengan perolehan Sakip Predikat B ini, Bupati Dompu, melalui Asisten Administrasi Umum (Asdum) Setda, Kamis (22/04/2021) Pukul 14.30 Wita di Ruang Kerjanya,  memberikan apresiasi yang tinggi kepada Menpan RB-RI atas penilaian ini. 


"Predikat B ini akan mendorong semangat bagi jajaran Pemda Dompu untuk berkinerja yang lebih baik lagi dimasa selanjutnya, ucap Gaziamansyuri."


Kemudian pria yang menjabat sebagai Asdum ini, mengharapkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melakukan evaluasi internal perolehan nilai Sakip tahun ini, sehingga tahun depan dapat ditingkatkan lagi.


Untuk melakukan upaya dimaksud Gaziamansyuri mendorong jajaran OPD lingkup Pemkab Dompu untuk berkoordinasi secara intensif dengan Inspektorat dan Bappeda Litbang.


"Diharapkan jajaran OPD lingkup Pemkab Dompu segera melakukan konsultasi dan berkoordinasi secara intensif dengan Inspektorat dan Bappeda", tegasnya.(Din)