Bupati Dompu AKJ, Buka Kegiatan Inovasi Pendidikan, Minta Guru Senantiasa Mengembangkan Diri
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu AKJ, Buka Kegiatan Inovasi Pendidikan, Minta Guru Senantiasa Mengembangkan Diri

Tuesday, May 25, 2021

Dompu, Media Info Bima Online - Bupati Dompu, Kader Jaelani didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setda, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP, membuka secara resmi kegiatan Temu Inovasi Pendidikan, dengan tema “Berbagi Inspirasi Pembelajaran Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menuju Dompu Mashur".


Kegiatan dimaksud merupakan hasil kerja bareng PGRI Dompu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikpora) Dompu dan Inovasi Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021.


Acara berlangsung secara webinar melalui aplikasi zoom meeting, Senin (24/05/2021) pukul 08.00 - Selesai di Ruang Rapat Bupati Dompu.


Dimomen ini, Bupati Dompu menaruh harapan besar kepada para guru dan organisasi guru untuk terus mengembangkan diri, melatih kreativitas maupun inovasi, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Nggahi Rawi Pahu.


"Pentingnya hal tersebut, Bupati tandaskan, kerjasama dan saling berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan pendidikan, menjadi kunci sukses bagi para guru dan organisasi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan," ucap Bupati Dompu.


Lebih lanjut Bupati Dompu, dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak (guru dan organisasi guru), kualitas pendidikan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dari sebelumnya, yang pada akhirnya mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing," terang Kader Jaelani.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dompu, Asyrul Riadi, S.Pd, dalam laporannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Dompu dan jajarannya, yang telah merespon dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Ditambahkannya, untuk kesuksesan kegiatan ini, pihaknya telah menerima registrasi sebanyak 300 orang dari kalangan pendidikan untuk mengikuti kegiatan," ungkap Asyrul Riadi.


Selanjunyan Asrul Riadi, mengatakan program inovasi sudah berjalan dari tahun 2017 dan melakukan kegiatan meningkatkan mutu pendidikan. “Program inovasi berupaya merubah mindset para guru dengan membentuk fasilitator yang memiliki legalitas untuk melatih para guru yang sehingga memiliki kualitas yang profesional", imbuhnya.


Dimomen yang sama, Perwakilan Inovasi Nusa Tenggara Barat, Sri Widuri, menyampaikan inovasi merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia, yang langsung dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Kata Sri Widuri, Program inovasi berupaya memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa terutama dalam hal literasi dan numerasi," ucap Sri Widuri.


Selanjutnya dia menandaskan, program inovasi telah diimplemetasikan dengan baik dibeberapa daerah di Indonesia seperti di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur," tandasnya.


“Dalam mengembangkan berbagai program rintisannya, inovasi menggunakan pendekatan yang khas guna menemukan cara-cara yang terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa," tuturnya.


Kegiatan yang berlangsung berjalan aman, tertib dan lancar dengan menerapkan prokes covid-19, yang rangkaiannya diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan do’a yang kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi dengan narasumber yang terdiri dari Asmah Ramadhan, S.Pd, Amiruddin, S.Pd, Haryono, S.Pd, dan Arnaini, S.Pd.


Sumber : Bagprokokopim Dompu, (Usman).