Bangunan Menggunakan Bata Berbahan Plastik, Hadir di NTB
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bangunan Menggunakan Bata Berbahan Plastik, Hadir di NTB

Wednesday, June 16, 2021

Mataram, Media Info Bima Online - Banyak yang berfikir bisakah bangunan dibuat dari plastik, atau adakah bangunan yang dibuat menggunakan bata berbahan plastik, atau adakah pabrik yang membuat bata berbahan plastik, NTB menjawab semua pertanyaan itu.


Kini bangunan yang dibuat menggunakan bata plastik hadir di NTB, yakni SD 4 Medas, di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barata (NTB).


Tidak hanya itu pabrik bata plastik atau acobrick juga telah hadir di NTB, beberapa waktu lalu infestor asal Pinlandia mulai merencanakan pembangunan pabrik bata berbahan plastik di NTB, tepatnya di Banyu Mulek, Lombok Barat (Lobar).

Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. menyambut, SDN 04 Medas menjadi sekolah plastik blok pertama di dunia, yang diinisiasi oleh Classroom of Hope (Australia) bekerja sama dengan Block Solutions (Finlandia), Pelita Foundation Lombok, dan Pemerintah daerah NTB.


Wakil Gubernur NTB foto bersam didepan tembok yang dibangun menggunakan bata plastik."Alhamdulillah, kita dapat memanfaatkan sampah dan menjadi sumberdaya untuk kita semua, penggunaan bata ecobrik ini sangat ringan, murah, aman saat gempa dan sangat cepat membuatnya. Sekolah ini saja merakit bloknya seperti lego hanya butuh waktu 5 jam, paling lama mebutuhkan waktu 1 minggu 10 hari,” kata Ummi Rohmi saat meninjau SDN 4 Medas Bentaur, Selasa (15/06).

Selain itu, perempuan inspiratif NTB ini menjelaskan, penggunaan bata ecobrik ini memiliki keunggulan, yakni lebih ringan, harganya terjangkau, aman dan meminimalisir waktu. Dengan begitu, pemanfaatan sampah plastik dapat dikelola dengan baik.


Pemprov NTB juga tengah berkolaborasi dengan Block Solutions (Finlandia) akan membangun pabrik bata ecobrik pertama di Asia.


"Insya Allah rencana kita kedepannya akan dibangun pabrik untuk menghasilkan bata pelastik, untuk mengakomodir pengelolaan sampah plastik di NTB," tutup Ummi Rohmi. (Usman).