Resmi Ditutup, Nama Gus AMI Unggul di Poliing Capres Dari Rakyat
Cari Berita

Iklan 970x90px

Resmi Ditutup, Nama Gus AMI Unggul di Poliing Capres Dari Rakyat

Friday, June 4, 2021

Foto : Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar.


Jakarta, Media Info Bima Online - Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) telah melakukan Polling Calon Presiden 2024 dengan memanfaatkan aplikasi Google Docs. Polling tersebut dilakukan sejak tanggal 26 Mei 2021 dan ditutup pada 2 Juni 2021 pukul 18.30 wib.


Selama satu minggu, polling Jari Rakyat telah diikuti oleh 2.361 responden. Pertanyaan polling bersifat terbuka dan disebarkan di berbagai jaringan media sosial antara lain Facebook, Twitter dan Whatsapp. Pemilih hanya bisa memilih satu kali klik dan dibaca per IP Address.


Koordinator Nasional Jari Rakyat, Prasetyo, mengatakan meski Pemilu masih berlangsung 3 tahun lagi, tetapi antusias publik cukup tinggi.


“Total voters polling sebanyak 2.361 menunjukkan masyarakat cukup antusias dan telah memiiki gambaran terhadap calon presiden yang akan dipilihnya. Hal ini dipengaruhi oleh masifnya pemberitaan tentang figur calon presiden di media massa serta hasil survei yang dirilis oleh beberapa lembaga survei,” ujar pria yang akrab disapa Pras dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/6) malam.


Selain itu, isu perseteruan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua DPR RI, Puan Maharani beberapa waktu yang lalu turut mempengaruhi antusiasme publik serta menghangatkan bursa calon presiden dan mesin partai politik. Hal tersebut ditunjukkan dari persaingan yang cukup ketat pada hari kedua dan ketiga setelah polling dirilis. Namun, lanjutnya, pada hari keempat sampai akhir polling, terlihat pergerakan yang sangat tinggi dari simpatisan Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) dan kader PKB.


“Belakangan santer pemberitaan tentang dua isu terkait Gus AMI ini. Pertama soal keinginan akar rumput dan kaum Nahdliyin untuk mencapreskan Gus AMI. Kedua soal munculnya wacana menduetkan Puan Maharani dan Gus AMI. Itu menandakan polling ini menjadi salah satu barometer bagi elit partai untuk mencari format pasangan yang ideal di 2024 nanti,” jelas Pras.


Pras juga menambahkan, polling ini dapat menjadi acuan untuk mengukur militansi kader partai atau simpatisan tokoh Capres di ranah media sosial. “Polling ini telah diketahui oleh banyak kalangan. Tetapi kita melihat simpatisan Gus AMI dan kader PKB sangat antusias untuk memilih dan menyebarkan kembali informasi polling ini,” kata kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN.


Pras menuturkan, polling ini menjadi landasan Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) untuk melakukan survei yang direncanakan pada bulan Juli 2021 di beberapa wilayah di Indonesia.


“Polling adalah instrumen survei yang paling sederhana. Hasil polling Jari Rakyat dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat mandiri,” tutupnya.


Berikut hasil polling Jari Rakyat yang mengikutkan 14 nama tokoh Capres:

Abdul Muhaimin Iskandar (1.709 pemilih)

Agus Harimurti Yudhoyono (96 pemilih)

Airlangga Hartarto (19 pemilih)

Anies Baswedan (272 pemilih)

Budi Gunawan (7 pemilih)

Erick Thohir (27 pemilih)

Ganjar Pranowo (216 pemilih)

Moeldoko (12 pemilih)

Puan Maharani (15 pemilih)

Prabowo Subianto (94 pemilih)

Ridwan Kamil (70 pemilih)

Sandiaga Uno (57 pemilih)

Tito Karnavian (21 pemilih)

Tri Risma Harini (44 pemilih)