KEREN? Propinsi NTB Peringkat Ketiga Nasional, Buktikan Diri Sebagai Pemerintah Berinovasi
Cari Berita

Iklan 970x90px

KEREN? Propinsi NTB Peringkat Ketiga Nasional, Buktikan Diri Sebagai Pemerintah Berinovasi

Friday, July 16, 2021

Foto : Kadiskominfotik NTB, Dr. Najamuddin, Amy.


Mataram, Media Info Bima Online - Pemerintahan Pemprov (NTB) membuktikan dirinya sebagai Pemerintah yang Berinovasi dengan menempati Peringkat Ketiga Nasional dalam lomba inovasi Daerah dan pemberian penghargaan IGA 2021 Kementerian Dalam Negeri setelah Bulan lalu masih di posisi terbawah yakni peringkat ke 15 dan melesat ke posisi ketiga Nasional.


Saat ini kita termasuk Propinsi Inovatif betsama Jateng dan Sumsel dengan skor 54,3. Selisih tujuh poin dengan di Daerah di Peringkat Pertama. Sedangkan sepuluh Kabupaten/Kota kita ada di peringkat 15 Nasional, Dijelaskan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dr. Najamuddin, Amy di Mataram, Kamis, (15/07/2021).


Hal tersebut jelas Bang Najam, pelaporan 35 inovasi ke Litbang Kemendagri disertai input data dan dokumen pendukung yang telah komperehesif dan di Validasi. Inovasi itu diantaranya NTB Care, E Samsat Lestari dan Sistem Informasi Posyandu yang madih optimis digadang sebagai petingkat pertama kategori sangat inovatif bersama inovasi lainnya sebelum 18 Agustus depan.


Penghargaan IGA sendiri pada tahun lalu memberikan penghargaan kepada 195 Daerah. 31 Daerah dengan kategori sangat inovatif diantaranya diusilkan ke Kementerian Keuangan untuk mendapatkan Alokasi Dana Insentif Daerah, (DID). Dalam prosesnya 36 indikator yang digunakan dalam indeks pengukuran menghasilkan rangking Indeks Inovasi Daerah di tiap klaster Propinsi, Kabupaten/Kota, Daerah tertinggal dan Daerah perbatasan.


Masih ada waktu untuk memperbaiki kelalaian pelaporan dan input data kemarin karena banyak terobosan yang sudah kita lakukan, Tandas Bang Najam.


Dijelaskan Kepala Badang Litbang Kemendagri Agus Fatoni, data hari ini pukul 12.00 Wita Peringkat NTB naik signifikan. Tahun 2020 lalu, Kemendagri menjaring 17,779 inovasi dari 484 dari Pemerintah Daerah.


Lanjutnya, selain berkompotisi, Daerah juga perlu membina kerjasama dan mengoptimalkan kekhasan Daerah sebagai Inovasi, tutup Bang Najam, (Usman).