PKK Kota Bima, Bersama Dinas Ketahanan Pangan, Bagikan Bibit Lele dan Hortikultura Gratis di Kecamatan Asakota
Cari Berita

Iklan 970x90px

PKK Kota Bima, Bersama Dinas Ketahanan Pangan, Bagikan Bibit Lele dan Hortikultura Gratis di Kecamatan Asakota

Saturday, August 21, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - PKK Kota Bima bersama Dinas Ketahanan Pangam secara simbolis membagikan bibit lele dan hortikultura secara gratis kepada pengurus PKK Kecamatan Asakota untuk dibagikan ke-Kelurahan Jatibaru Timur.


Dari program ini nantinya akan diteruskan PKK Kecamatan Asakota ke-Kelurahan membagi disetiap lingkungan yang ada.


Adapun bantuan yang diserahkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, seperti, Bibit Lele, terong, cabe, dan tomat, kepada Ketua TP. PKK Kota Bima, Hj. Ellya Alwaini, didampingi Ketua PKK Kecamatan Asakota, Jum'at (20/8) yang bertempat di Kelurahan Jatibari Timur, Kecamatan Asakota.


Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima Hj. Ellya Alwaini HML, mengatakan, bahwa langkah sinergitas bersama Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima ini nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terlebih dalam masa pandemi covid-19 ini.


Bibit tanaman holtikultura yang diserahkan kali ini secara simbolis nantinya akan diserahkan kepada PKK ditingkat kelurahan untuk selanjutnya kepada warga lingkungan setempat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai media tanam.


Jenis bibit terong, cabe dan tomat kita akan distribusikan secara gratis bersama Dinas Pertanian Kota Bima kepada PKK Kecamatan dan dapat diteruskan ke tingkat PKK kelurahan yang ada sehingga mereka bisa tetap produktif melalui kegiatan bertani di rumah masing-masing,” ujarnya.


Lebih lanjut Umi Elly juga menjelaskan bahwa PKK Kota Bima terus memberdayakan masyarakat aktif memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menambah pendapatan.


Program ini sebelumnya telah berjalan berkaitan dengan program Hatinya PKK yakni  Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman di tingkat Kelurahan.


Program ini telah berjalan dengan baik tidak terlepas dari adanya gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan yang produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan.


Mengoptimalkan kembali program ini pada masa pandemi saat ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya semaksimal mungkin dengan menanam berbagai tanaman untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar. Umi Elly.

Sementara itu, Melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, mengatakan kali ini program sinergitas kembali dilaksanakan bersama PKK Kota bima dengan menyerahkan bibit hortikultura kepada masyarakat melalui PKK kecamatan, kelurahan.


Diharapakan sinergitas ini mampu bersama-sama memberikan manfaat positif di lingkungan keluarga berupa bibit cabai, sayuran, tomat untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing tanpa memerlukan lahan yang luas. Untuk bibit sayuran, mengatakan hanya butuh 15 hari untuk panen.


Dinas Ketahanan Pangan juga menjelaskan sebelumnya pihaknya telah membagikan sebanyak 10.000 bibit tanaman horticultura untuk warga Kota Bima yang terdampak.


Hal ini dilakukan, agar warga yang baru mulai bercocok tanam dan paham cara-cara untuk memulai hingga proses panen. (Usman).