Pekerjaan Ruas Jalan Talabiu-Simpasai dan Lambu Sesuai Rencana
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pekerjaan Ruas Jalan Talabiu-Simpasai dan Lambu Sesuai Rencana

Saturday, September 4, 2021

Foto : Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir. Ridwan Syah, M.Sc., M.M.,M.TP, saat meninjau pekerjaan Jalan.


Bima, Media Info Bima Online - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ridwan Syah, saat meninjau pekerjaan ruas jalan Talabiu-Simpasai Segmen 1, di Kabupaten Bima - NTB.


Setelah tiga pekan dilantik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB, Ridwan Syah, langsung bergerak.


Dae Iwan, panggilan akrab Ridwan Syah mengajak sejumlah kepala bidang hingga kepala seksi di DPUPR ke pulau Sumbawa pada Rabu 1-4 September ini. Kadis ingin meninjau langsung progress semua pekerjaan DPUPR di Pulau Sumbawa.


Kunjungan ini dimulai dari ujung timur Pulau Sumbawa yakni ke Kabupaen Bima. Rombongan langsung meninjau ruas jalan Talabiu-Simpasai. Ada dua segmen ruas jalan ini. Segmen 1 tepat berada di depan Kantor Desa Tente. Panjang segmen 1 ini  329 meter. Pada saat tinjau lapangan ini, Kadis didampingi langsung oleh PPK dan pelaksana proyek.


Menurut Kadis, selain diperbaiki dengan mengaspal ulang, ruas jalan ini juga diperlebar dengan menambah beton di bahu jalan. Hal ini dilakukan karena arus lalulintas sangat padat.


Jadi, jalan yang sebelumnya hanya 6 meter, setelah ditambah bahu jalan akan menjadi sekitar 12 meter,’’ kata Dae Iwan. ‘’Mudah-mudahan dengan perbaikin jalan ini akan memudahkan masyarakat mengakses jalan ini. Baik dari Talabiu menuju Simpasai, maupun sebaliknya,’’ katanya.


Setelah mendapat penjelasan dan memberikan arahan-arahan kepada pelaksana, rombongan melanjutkan perjalanan ke segmen 2 ruas jalan Talabiu- Simpasai. Segmen 2 ini terdapat di Desa Tangga, Kecamatan Monta. Untuk segmen 2 ini, panjangnya mencapai 2,5 KM. Kadis menjelaskan, Gubernur NTB Zulkieflimansyah tetap komit membangun dan memperbaiki infrastruktur di NTB. Meskipun dengan kondisi keuangan yang terbatas karena pandemic covid. Caranya dikerjkan pada segmen-segmen yang sangat kritis.


Selanjutnya rombongan bergerak. Perjalanan cukup jauh menyusuri jalan sepanjang pesisir selatan Kabupaten Bima. Menuju Kecamatan Lambu. Rombongan berhenti tepat di depan kantor desa Sumi, Kecamatan Lambu. Pekerjaan peningkatan jalan di sini sepanjang 2,194 KM. Kadis PUPR NTB Ridwan syah mengungkapkan, jalan akan diperlebar menjadi 4,5 meter, kemudian ditmbah bahu jalan dengan beton.


’Proyek ini dibiayai dari pinjaman PEN Daerah pada Perda Percepatan jalan provinsi tahun jamak. Jadi diharapkan akan selesai pada Desember tahun 2021 ini. Progress berjalan sesuai rencana,’’ kata Ridwan. (Usman).