Patroli Gabungan TNI, Polri dan BTNT Cegah Ilegal Logging di Pekat
Cari Berita

Iklan 970x90px

Patroli Gabungan TNI, Polri dan BTNT Cegah Ilegal Logging di Pekat

Thursday, October 6, 2022

 


Dompu, Infobima.com - TNI, Polri dan Balai Taman Nasional Tambora (BTNT), melakukan operasi gabungan di kawasan lereng gunung Tambora, Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB, dalam mencegah aktivitas penebangan liar (Ilegal Logging).


Tidak hanya dilakukan di Desa Soritatanga, tim gabungan yang dipimpin anggota Polhut saudara  Dandi, juga menyasar kawasan  wilayah SPTN II Kempo, dengan 10 orang personil.


Namun, dalam kegiatan patroli tersebut, tim menemukan sekelompok warga yang hendak memblok lahan yang ada di wilayah taman nasional Tambora, tepatnya di pintu satu, berbatasan langsung dengan PT.SMS. 


Warga yang memblok lahat itu beralasan, jika mereka melakukan aktivitas itu karena adanya warga lain, diluar wilayah kecamatan pekat yang sudah menguasai dan memblok lahan area taman nasional tambora di area pintu tiga dan empat sebelumnya.


Mereka berdalih, kenapa orang diluar dari kecamatan pekat bisa melakukan pembagian lahan di area taman nasional tambora, sedangkan warga kecamatan pekat, khususnya warga Desa Soritatanga tidak bisa mendapatkan bagian dari lahan itu.


 "ini yang menjadi atensi kami sebagai dasar kami masyarakat dusun BA desa soritatanga ingin menduduki lahan ini" tandas seorang warga.


Para tim gabungan yang berada di lokasi tersebut memberikan mereka pemahaman, dan terkait harapan mereka  yang ingin menduduki kawasan tersebut, para petugas bersedia memfasilitasi mereka untuk membahas persoalan ini dengan pihak terkait.


Usai diberikan pemahaman, warga pun membubarkan diri dengan tertib.(D)