Prediksi BMKG, Wilayah Bima dan Dompu Berpotensi Angin Kencang dan Puting Beliung
Cari Berita

Iklan 970x90px

Prediksi BMKG, Wilayah Bima dan Dompu Berpotensi Angin Kencang dan Puting Beliung

Sunday, December 18, 2022



 Dompu, Infobima.com - Kini sudah memasuki musim hujan, potensi angin kencang dan puting beliung akan terus mengancam wilayah Bima dan Dompu, demikian dikatakan Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Bima, Topan Primadi, saat dikonfirmasi.


"Untuk wilayah Bima/Dompu sendiri memang ada potensi terjadi angin kencang dan puting beliung, karena memang pada saat ini untuk wilayah Bima dan Dompu memang sudah memasuki musim hujan, yang mana puncak musim hujan kita prediksikan itu terjadi pada bulan Desember sampai dengan Januari" ungkapnya.


Memang, dalam pertengahan bulan Desember ini kondisi intensitas hujan berkurang karena saat ini dinamakan atmosfer khususnya untuk wilayah Bima dan Dompu itu  ada sedikit perubahan karena Monsun Australia yang aktif.


"artinya, kalau Monsun Australia aktif, angin dari arah wilayah Australia itu banyak membawa masa udara kering" jelas Topan.


Sementara untuk suhu permukaan laut sendiri terpantau agak sedikit dingin, sehingga menyebabkan intensitas hujan untuk dua Minggu ini akan mungkin sedikit berkurang.


"Disini ada istilah Monsun bright (perubahan kondisi dinamis atmosfer), itulah yang menyebabkan intensitas wilayah Bima dan Dompu berkurang".


"Dengan berkurangnya intensitas hujan ini kita juga sedikit memberikan warning bahwa memang potensi hujan itu ada, bahkan untuk potensi hujan ini sifatnya juga bisa dibilang sporadis ataupun acak (tidak merata di seluruh wilayah Bima/Dompu, namun ini, kalau memang terjadi hujan, intensitasnya bisa sedang sampai lebat" tandasnya.


Topan melanjutkan, kalau memang hujannya itu lokal maka potensi angin kencang atau puting beliung itu ada, "ini yang perlu kita waspadai" tapi kalau kita melihat secara umum untuk musim hujan, khususnya untuk wilayah Bima dan Dompu, itu masih dalam kategori normal, yang mana nanti akhir Desember sampai dengan Januari itu merupakan puncak musim hujannya, sementara untuk bulan februari sampai Maret itu mungkin hujan sudah berkurang, tetapi untuk intensitasnya masih cukup tinggi" ungkap dia.


Memang hujan tidak terjadi, tapi potensi hujan lokal dengan intensitas sedang sampai lebat masih dapat terjadi, dan mungkin juga potensi angin kencang dan puting beliung akan ada. 


"Jadi mungkin disini kita perlu waspada juga untuk masyarakat khususnya yang ada di wilayah Bima dan Dompu" cetusnya.(D)