Babinsa Kodim 1614/03 Hu'u Dampingi Petugas Kesehatan (PMK) Ternak
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Kodim 1614/03 Hu'u Dampingi Petugas Kesehatan (PMK) Ternak

Friday, March 3, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Rasabou Koramil 03/Hu'u Kodim 1614/Dompu Koptu Yahya melakukan pendampingan terhadap petugas kesehatan hewan yang melakukan kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atas ternak milik warga, yang dilakukan di Pasar Hewan, berlokasi di Dusun Feli Gale Desa Rasabou, pada Kamis 02 Mar 2023.


Pada kesempatan itu, Babinsa berupaya untuk memberikan pemahaman terhadap petani ternak tentang pentingnya vaksinasi yang dilakukan petugas sekarang, guna memberikan kekebalan tubuh ternak.


Vaksinasi yang dilakukan ini dengan pemberian antigen untuk merangsang sistim kekebalan tubuh terhadap hewan yang dapat menghasilkan anti body, khusus untuk kekebalan terhadap penyakit yang disebabkan oleh Virus Protozoa dan bakteri. Pemberian vaksinasi dianggap sebagai cara paling efektif untuk mengendalikan penyakit yang tidak ampuh dikendalikan oleh obat.


Vaksin juga bekerja dengan cara merangsang sistim kekebalan tubuh tanpa dipengaruhi penyakit, hal tersebut bisa dicapai dengan mengaktivasi mikroba dengan menumbuhkannya di laboratorium.


Mikroba yang ditumbuhkan akan dimasukkan kedalam tubuh hewan ternak, yang akan dapat merangsang respon sistim kekebalan tanpa menyebabkan penyakit.


Jadi vaksinasi sangat berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh ternak,

Vaksin juga sangat penting dalam mengendalikan epidemi penyakit seperti Bivone viral diarhhea, infectious bivone, rhinotracheitis dan enteritis jadi dari pada para peternak menderita kerugian yang lebih besar akibat ternak menderita berbagai penyakit atau bahkan yang paling fatal kematian pada ternak lebih baik peternak melakukan vaksinasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Babinsa menegaskan "lebih baik mencegah dari pada mengobati"


Walau proses vaksinasi hewan memiliki kemungkinan tubuh tidak mampu  menghasilkan proses kekebalan tubuh, karena berbagai vaktor sepetri stres,  sedang mengidap penyakit tertentu atau nutrisi pakan yang jelek, oleh karena itu sebelum melakukwn vaksin harus pastikan dulu kondisi hewan ternak dalam keadaan sehat dan mendapat asupan gizi yang seimbang.(D)