Babinsa Adu Dampingi Tim Disnakkeswan Cegah Penularan PMK Pada Ternak Warganya
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Adu Dampingi Tim Disnakkeswan Cegah Penularan PMK Pada Ternak Warganya

Monday, May 22, 2023





Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Adu Serka Landa melaksanakan pemantauan dan pengecekan secara langsung di lapangan terhadap hewan ternak di wilayah Desa binaanya guna mengantisipasi dan mencegah penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak terutama pada Sapi, Sabtu 20 mei 2023. Pukul 08.00 Wita.

Kegiatan kontrol dan pemantauan tersebut bertujuan untuk pendataan hewan ternak di wilayah binaan, untuk memastikan keadaan baik dan sehat secara keseluruhan.

Aman dan tidak terjangkit dari penyakit PMK, sesuai surat edaran dari Dinas Kesehatan hewan Kabupaten Dompu. Wabah PMK jenis penyakit ini disebabkan dari virus yang bisa menyerang pada hewan ternak berkaki empat atau hewan ternak besar khususnya sapi harus di berantas.

"Kami juga menghimbau kepada warga peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya serta juga harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah penyakit tersebut" ungkapnya.

Babinsa juga menyampaikan kepada petani peternak agar tidak takut melaporkan kepada petugas Kesehatan hewan, jika didapati kesehatan hewan ternak mengalami penurunan kesehatan agar secepat mungkin dapat diantisipasi terjangkitnya penyakit mulut dan kuku maupun penyakit hewan yang lainya.(D)