Babinsa Tanju Koramil 1614-06/Manggelewa Dampingi Kades Salurkan BLT-DD Kepada 24 KPM
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Tanju Koramil 1614-06/Manggelewa Dampingi Kades Salurkan BLT-DD Kepada 24 KPM

Tuesday, May 16, 2023



Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Tanju Serda Nurdin SH dan Babinkamtibmas Aeptu Arham Dampingi Pemerintah Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Senin 15 Mei 2023, Pukul 09 00 Wita.

Dalam hal ini menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I (satu) kepada 24 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 3 bulan (Januari, Februari dan Maret).


Dana yang dicairkan untuk KPM tersebut berjumlah Rp.21.600,000 (Dua Puluh Satu Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk di bagikan kepada Sebanyak 24 KK, dengan perhitungan per-triwulan (tiga bulan sekali) yang bersumber dari Dana Desa.


Turut hadir pada kesempatan ini, Pemerintah Desa dan Ketua BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, yang juga ikut serta membantu Pemerintah Desa (Pemdes) untuk membagikan BLT Kepada Warga Masyarakat yang Kurang Mampu.


Sebelum BLT disalurkan Pemdes melakukan pengecekan kelengkapan administrasi KPM seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Pada kesempatan itu, H.Samsudin selaku Kepala Desa menyarankan kepada masyarakat penerima KPM dari BLT-DD agar uang tersebut
dipergunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan dalam keluarga.

“Saya berharap kepada KPM BLT-DD agar di pergunakan uang tersebut dengan sebaik-baiknya, dan tetap waspada agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, karena sekarang ini musim kemarau dengan suhu dingin yang cukup tinggi pada malam hari, ditambah lagi cuaca yang tidak menentu, agar terhindar dari penyakit Demam berdarah, Malaria dan penyakit lainnya”, Ungkap Kades.


Lebih lanjut kata H.Samsudin, KPM wajib menerima BLT secara langsung dan tidak boleh diwakili oleh orang lain. 
Karena bukti penerimaanya  wajib dilakukan tanda tangan sebagai bukti penerimaan dan foto penyerahan satu persatu. Uang yang diterima juga utuh dan tidak ada pemotongan dalam bentuk apapun. Penyerahan dilaksanakan secara tunai. 
Penyaluran ini masih seperti pada tahap-tahap sebelumnya dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pada Pengambilan BLT-DD tersebut.


“Penerimaan uang BLT-DD ini tidak boleh diwakili, karena KPM harus menandatangani bukti penerimaan dan di foto pada saat penyalurannya,” Ungkapnya.

Sementara itu, saya pribadi dihadapan KPM menghimbau agar BLT yang disalurkan dapat di pergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari, terutama keperluan pendidikan bagi anak-anaknya.


Lebih lanjut, saya juga meminta kepada warga masyarakat khususnya ibu-ibu, yang menggunakan gas LPG untuk senantiasa berhati-hati dan tidak lupa mematikan kompornya usai memasak agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan bersama.


“Uang BLT yang bapak ibu terima pada hari ini semoga bermanfaat untuk kepentingan sehari-hari, serta kebutuhan pendidikan anak-anak,”. Tutup Bapak Kades Tanju.(D)