KOMANDAN KODIM 1614/DOMPU DAN JAJARANYA Sukseskan Program Rehabilitasi Hutan Mangrove di Dompu
Cari Berita

Iklan 970x90px

KOMANDAN KODIM 1614/DOMPU DAN JAJARANYA Sukseskan Program Rehabilitasi Hutan Mangrove di Dompu

Saturday, May 13, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Jum'at Barokah 12 Mei 2023, Pukul 07 30 Wita, Berlokasi di Sepanjang Pesisir Pantai Desa Soro Timur Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, KOMANDAN KODIM 1614/DOMPU DAN JAJARANYA Sukseskan Program Rehabilitasi Hutan Mangrove Bersama Instansi Terkait Thn 2023.



Program Penanaman pohong Mangrove sebanyak 550 Bibit batang pohon ini dalam rangka *Program Rahabilitasi Hutan Mangrove di wilayah Teritorial Kodim 1614/Dompu tahun 2023*  Yang dilakukan oleh Personel Jajaran Kodim 1614/Dompu dan bekerja sama dengan Muspika Kec Kempo, Polsek Kempo, Dinas (DKP) Perikanan dan Kelautan serta perwakilan dari Tokoh Warga Masyarakat Desa Soro yang di Pimpin oleh Dandim 1614/Dompu dalam hal ini di Wakili oleh Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf A Haris SH.MH.



Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya :

Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav M Kasim.

Pasilogdim Kapten Inf Ibrahim.

Danramil 1614-02/Kempo Kapten Inf M Safi'i.

Pasiterdim Kapten Inf M Yamin.

Pasiopsdim Kapten Inf Mahdin.

Pasi Inteldim Kapten Inf Adisan.

Danramil 1614-06/Manggelewa Lettu Inf Syaefudin.

Kapolsek Kempo Ipda Ahmad Marjuki.

Camat Kempo Drs Budi Rahman.

Kades Timur Julkarnaen.

Dinas Kementrian Kelautan dan Perikanan Kab Dompu Jainudin,S,Sos.



Rangkain kegiatan sebagai berikut :Berawal pada pukul 07 30 Wita kegiatan dimulai yang di awali dengan penyampaian dari Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf A Haris SH.MH Yakni :


Kita melaksanakan kegiatan ini merupakan sebagai bentuk nyata kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan disekitar yang memiliki beberapa manfaat diantaranya bertujuan untuk mencegah abrasi pantai di laut, Penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara sebagai habitat ikan dan biota laut lain preduksi gelombang di pantai, memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan bagi warga masyarakat nelayan disekitar pantai.


Dalam penanaman pohon mangrove ini melibatkan sejumlah kelompok warga Masyarakat sekitar Desa Soro timur yang peduli terhadap kelestarian ekosistem mangrove.


Agar dapat mengembalikan lagi fungsi kawasan hutan mangrove yang selama ini terus berkurang dan bahkan hilang guna merehabilitasi ekosistem pesisir Desa Soro.



Kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian TNI-AD lebih khususnya Jajaran Korem 162/WB dalam menjaga kelestarian ekosistem terhadap hutan mangrove yang menjadi sumberdaya perikanan yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan Warga Masyarakat Kabupaten Dompu.Kegiatan program ini harus rutin kita selenggarakan.


Trimakasih banyak bagi kita semua sudah hadir dan mari kita sama-sama bergotongroyong  melaksanakan kegiatan mulia ini dengan tulus dan ikhlas,

Tetap prioritaskan faktor keamanan.Kami berharap kepada warga masyarakat di sekitar pantai agar tanaman Mangrove ini sama-sama di jaga dengan baik dan harus perduli supaya berkesenambungan. "Ucap Bapak Kasdim".(D)