Kodim 1614/Dompu, Gelar Latbakjatri Triwulan II/Ta 2023. Asah Kemampuan Setiap Prajurit -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kodim 1614/Dompu, Gelar Latbakjatri Triwulan II/Ta 2023. Asah Kemampuan Setiap Prajurit

Thursday, June 22, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Kodim 1614/Dompu menggelar kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II/ Ta 2023, guna memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam menembak bagi prajurit. Kamis 22 juni 2023, Pukul 07 00 Wita.


Kegiatan Latbakjatri Triwulan II Tahun Anggaran 2023 ini berlangsung di Lapangan tembak Kodim 1614/Dompu yang berlokasi di Desa Lune, Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.


Kegiatan ini merupakan program rutin yang di selenggarakan di setiap Triwulan guna mengasah kemampuan para prajurit dalam hal menembak. Hal ini sesuai instruksi Bintara Pelatih Operasional Kodim 1614/Dompu Serma Wahyudin.


Pelaksanaan kegiatan Latbakjatri ini di rencanakan berlangsung selama dua hari, terhitung mulai tanggal 22 Juni 2023 hingga tanggal 23 Juni 2023, dan diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 1614/Dompu.


"Kegiatan ini yang merupakan program rutinitas TNI AD pada setiap triwulan, dan selalu diselenggarakan yang diawali dengan apel pengecekan kelengkapan personil dan meteril oleh Pjs Perwira Seksi Operasi Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan" ungkap Pelatih Operasional Kodim 1614/Dompu Serma Wahyudin.


Sementara Pasi Ops Kodim 1614/Dompu saat mengambil apel pengecekan menjelaskan bahwa, kemampuan menembak merupakan salah satu modal dasar bagi setiap Prajurit yang harus dikuasai dan dipelihara secara terus menerus serta kontinyu sehingga dibutuhkan latihan yang terarah dan terencana.


Hal serupa juga disampaikan Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, bahwa dalam

latihan menembak senjata ringan ini merupakan program dari Komando atas dan dilaksanakan berdasarkan kalender latihan satuan yang dilaksanakan setiap triwulan.


Dandim menambahkan, dengan diselenggarakannya latihan menembak secara rutin setiap triwulan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan seluruh Prajurit minimal mencapai tingkat mampu pada materi menembak tepat.


Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengingatkan kepada para pelatih dan pendukung serta seluruh pelaku latihan menembak agar tetap menjaga faktor keamanan selama pelaksanaan latihan menembak sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan personel dan satuan juga material.


"Laksanakan latihan ini dengan tulus ikhlas penuh semangat.

Faktor keamanan itu yang paling penting, Suksesnya dalam suatu latihan tergantung dari hasil akhir keamanannya, oleh karena itu prioritaskan faktor keamanan, ikuti semua petunjuk dan arahan dari masing-masing pengawas lajur dan apabila ada kendala atau gangguan pada senjata bagi petembak agar segera laporkan sehingga dapat segera di atasi oleh Wasjur" Tegasnya.


Untuk diketahui bahwa, mekanisme dalam pelaksanaan Latbakjatri yakni, para petembak berada di Daerah persiapan mengambil senjata dan munisi, kemudian menuju ke Rik awal, dan ke lajur menembak masing-masing dan melakukan tembakan koreksi sebanyak 3 butir munisi sesuai petunjuk Pimbak.


Selesai tembakan koreksi, para petembak melanjutkan dengan tembakan penilaian sebanyak 10 butir munisi dan selesai menembak para petembak melakukan tindakan keamanan dengan mengosongkan senjata dan menuju ke Rik Akhir.