Diskop UKM Dompu Sukses Gelar Pelatihan Bagi Pelaku UKM -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Diskop UKM Dompu Sukses Gelar Pelatihan Bagi Pelaku UKM

Friday, November 3, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari di Kelurahan Monta Baru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yakni mulai hari Senin (9/10/2023) sampai hari Kamis (12/10/2023).


Kegiatan diikuti 60 peserta yang dibagi pada dua tempat. Setiap tempat diikuti 30 peserta. Adapun jenis pelatihan yakni pengolahan daging dan pengolahan ikan.


Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan  menyampaikan apresiasu kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu yang telah membantu dan memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Dompu 


"Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan skill, mendongkrak perekonomian daerah berbasis kawasan didukung pengembangan 

Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM), sehingga nantinya membantu mewujudkan visi Dompu MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius)," kata Sekda.



Diharapkan Seksa, dengan mengikuti pelatihan ini para pelaku usaha dapat: 


1. Meningkatkan Produktivitas 


Melalui Pelatihan UMKM ini diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun  peningkatan manajerial. 

2. Meningkatkan Kapabilitas 


Para pelaku usaha diharapkan memiliki kemampuan mengeksploitasi secara baik sumber daya yang dimiliki guna meningkatkan usaha mereka, dan dapat menyelesaikan permasalahan operasional usahanya. 


3. Pemanfaatan Produk Daerah 


Diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan bahan mentah yang mana merupakan ciri khas daerah, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan manfaat lainnya dapat dicapai. 


Dikemukakan Sekda, berbagai potensi terkait Program Unggulan JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) bisa dikembangkan untuk beragam jenis pelatihan bagi masyarakat sehingga berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat. 


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati mengemukakan pelatihan bagi para pelaku UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam berwirausaha sehingga dapat mendongkrak peningkatan ekonomi keluarga.


Dikatakannya kesuksesan dalam berwirausaha harus didukung oleh peningkatan SDM. 


"Itulah sebabnya pelatihan ini kami laksanakan untuk meningkatkan SDM para pelaku usaha agar dapat mengelola usahanya dengan baik," ujarnya.