Bupati Dompu, Harap Gunung Nowa Perlu Dijaga, Tidak Ada Lagi Perambahan Hutan Disekitarnya
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu, Harap Gunung Nowa Perlu Dijaga, Tidak Ada Lagi Perambahan Hutan Disekitarnya

Monday, May 31, 2021

 

Kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Babussalam Desa Nowa, Oleh Bupati Dompu Kader Jaelani


Dompu, Infobima.com - Bupati Dompu Kader Jaelani berharap Pemerintah Desa maupun masyarakat sekitar Gunung Nowa (Doro Nowa) agar bisa menjaga Doro Nowa tanpa harus melakukan perambahan hutan.


Hal itu disampaikan Bupati mengingat, sekeliling Doro Nowa kini sudah mulai rusak hingga merambat keatas gunung dan lama-lama mungkin semua akan habis dibabat. 


Untuk itu, pihaknya berencana akan menyampaikan kepada Anggota DPRD guna dibuatkan sanksi jika terdapat masyarakat yang melakukan perambahan hutan lagi di lokasi.


"Perlu ada sanksi memang. Nanti saya akan menyampaikan ke DPR, kita akan mengajak DPR bersama kepala Desa dan tokoh masyarakat untuk kita sama-sama menjaga Doro Nowa ini" Pungkasnya.


Hal ini disampaikan Bupati Dompu Kader Jaelani saat kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Babussalam di Desa Nowa, Kecamatan Woja, pada Senin 31 Mei 2021.


Salain itu, pihaknya juga berencana akan melakukan survei terhadap Doro Nowa mengingat kerap kali batu besar terjun bebas di lokasi dan hampir menimpah pemukiman warga. Perlunya pemerintah melakukan survei lokasi gunung tersebut karena terdapat batu besar tepat di atas pemukiman warga yang hanya diikat menggunakan rantai dan kapanpun batu itu bisa runtuh untuk mengancam keselamatan warga dan harus diantisipasi oleh pemerintah.


"Saya sudah tau batu itu diikat, dari tahun 2015 saya pernah melihatnya. Untuk mengantisipasi itu kita harus tanam beberapa pohon besar tepat di bawah batunya" Ucap Bupati.(Din)