Kemenag Kabupaten Bima, Buka Secara Resmi Kegiatan Uji Publik dan Wisudah Tahfizh Qur'an ZUZ 30, Angkatan I MIS Yasim Karumbu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kemenag Kabupaten Bima, Buka Secara Resmi Kegiatan Uji Publik dan Wisudah Tahfizh Qur'an ZUZ 30, Angkatan I MIS Yasim Karumbu

Saturday, May 29, 2021

Foto : Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Abdul Munir, Dalam Sambutannya.


Bima, Media Info Bima Online - Kepala Kementerian Agama, (Kemenag) Kabupaten Bima, Membuka secara resmi Kegiatan Uji Publik dan Wisudah Tahfizh Qur'an ZUZ 30, Madrasah Ibtidaiyah Yasim Karumbu, Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, dengan Tema "Mencetak Generasi Qur'ani yang berkualitas", Sabtu, (29/05/2021).


"Kegiatan ini diawali dengan penyerahan Al-quran oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bima, Kepada Kepala MIS Yasim Karumbu, sebanyak 20 buah"


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Yakni Kepala Kemeterian Agama Kabupaten Bima, Kasi Bimas, Kasubag TU, Kasi Pendmad, Kasi PK Pontren, Ketua DWP KEMENAG, Ketua Pokjawas Kemenag Kabupaten Bima, Kepala MIS Yasim Karumbu, Guru, Siswa/Siswi, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, dan orang tua Siswa/Siswi setempat.


Kepala MIS Yasim Karumbu, Ramlin, S.Pd, menyampaikan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Yasim Karumbu, siap menjadi Madrasah Tahfidz, karena MIS Karumbu telah berhasil mewisuda puluhan siswa yang memiliki keunggulan di bidang Tahfidz, walaupun baru pertama kalinya.


Di samping itu, program Uji Publik Tahfidz dan Wisudah sudah dikemas dalam pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler beberapa tahun ini. Juga persiapan sudah cukup lama dan berjanji untuk melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, kata kepala MIS Yasim Karumbu.


Kegiatan Tahfidz dan Wisudah ini, adalah program Unggulan yang programkan oleh Kementerian Agama, melalui pemilihan sejak proses PPDB, Tambahnya.


Selain itu kata Ramli, menyampaikan bahwa di era Pandemi yang belum ada kejelasan kapan berakhir ini, madrasah berupaya menyiapkan program pembelajaran online yang bisa diterapkan di semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 sembari menanti keputusan pemerintah untuk pelaksanaan new normal pembelajaran offline kembali di MIS Yasim Karumbu nanti.


Untuk pengembangan berbagai program unggulan lainnya, ada juga program seni dan budaya, literasi, dan olahraga. Ekstrakurikuler MIS Yasim Karumbu selama ini pun sudah cukup membaik, sehingga bisa dijadikan wadah untuk menampung bakat-bakat siswa sehingga dapat dibina dengan lebih intensif di luar jam pembelajaran. 


Ramlin, berharap guru dapat mengembangkan kapasitasnya sebagai guru sekaligus pembimbing dan pendamping siswa dalam belajar, baik di dalam jam pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran. 


Banyak masukan yang diberikan dari pengkaji dokumen, pemateri, maupun pengawas. Kesemuanya itu dapat dijadikan acuan untuk menyempurnakan draft dokumen kurikulum yang nantinya akan disahkan. 

Sementara Itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Abdul Munir, dalam sambutanya memberi apresiasi kepada jajaran MIS Yasim Karumbu yang telah merampungkan kurikulum dan melakukan Uji publik saat sekarang.


Oleh karena itu, H. Munir berharap kepada MIS Yasim Karumbu harus membuat kurikulum darurat dalam menghadapi Situasi New Normal. Selain itu setiap kegiatan harus selalu mematuhi protokol kesehatan.


Lebih lanjut ungkap Munir, Madrasah ini, harus mampu menjaga Kepercayaan dari orang tua siswa yang telah menitipkan anaknya dengan lebih meningkatkan lagi mutu pembelajaran. Karena madrasah saat ini sudah menjadi pilihan utama masyarakat terbukti dengan membludaknya calon peserta didik baru yang mendaftar di PPDB 2020/2021 sehingga tidak semua calon siswa bisa diterima di madrasah. Ujarnya.

Kepada Siswa/Siswi Sejumlah 15 orang yang telah dinyatakan lulus dalam program Tahfidz. Tentu dan harus mengukur kemampuan menghafal Al-quran yang diuji publik diwakili oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, dan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Madrasah di Kabupaten Bima, Kata H. Munir.


Kami juga dari Kementerian Agama Kabupaten Bima, mengucapkan terima kasih banyak kepada Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat yang melaksanakan Uji Publik terhadap Siswa/Siswi.


Sebagai penutup, Semoga kegiatan Uji Publik dan Wisudah Tahfizh Qur'an ZUZ 30 MIS Yasim Karumbu ini, berjalan sesuai harapan kita bersama, dan mendapatkan Rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT untuk kita semua yang hadir ini, Amiin. (Usman).