Terpilih Jadi Duta Anak, Rovera Nuriasti, Siswi MAN 1 Kota Bima Wakili Kota Boma Ke-Propinsi
Cari Berita

Iklan 970x90px

Terpilih Jadi Duta Anak, Rovera Nuriasti, Siswi MAN 1 Kota Bima Wakili Kota Boma Ke-Propinsi

Monday, May 24, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bima bekerja sama dengan Forum Anak Kota Bima menyelenggarakan pemilihan Duta Anak 2021 yang dilaksanakan pada kamis, (20/05) di Aula SMKN 3 Kota Bima. Dalam ajang bergengsi untuk anak tersebut, 3 peserta terbaik yang lolos melaju ke Propinsi, semuanya dari Madrasah. Salah satunya, Rovera Nuriasti, Siswi Kelas XI IPA1 MAN 1 Kota Bima.


Sebanyak 40 anak yang merupakan siswa dari semua jenjang SMA/SMK/MA se-Kota Bima mengikuti pemilihan Duta Anak Kota Bima 2021 yang diseleksi melalui Offline atau tatap Muka dengan tetap menerapkan Protokol Kesehetan (prokes). Akhirnya terpilih 6 anak yang paling aktif dalam kegiatan tersebut untuk maju ketahap selanjutnya yaitu wawancara. Dari 6 anak yang diwawancara, terpilih 3 anak terbaik, 2 dari MAN 2 Kota Bima dan 1 dari MAN 1 Kota Bima. Sehingga tahun ini Duta Anak Kota Bima di borong oleh siswa dari madrasah. Ajang pemilihan duta anak menjadi even tahunan pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan minat dan bakat anak. Anak anak dituntut untuk unjuk kebolehannya, menampilkan kemampuan yang dimilikinya.


“penyeleksian awal untuk menilai kelayakan duta anak adalah keaktifan dalam berdiskusi, memberikan solusi terhadaop suatu permasalahan yang diberikan oleh panitia. Kebetulan saya dapat klaster Permasalahan anak dalam keluarga. Tutur dari Rovera Nuriasti, duta Anak dari MAN 1 Kota Bima kepada media ini.


Penyeleksian selanjunya melalui tahap wawancara, untuk menggali sejauhnya mana pemahaman anak terhadap permasalahan sosial budaya, lingkungan dan pergaulan saat sekarang ini. “Alhamdulillah, dengan kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki, pada saat wawancara, panitia mewawancarai menggunakan bahasa inggris dan diperintahkan pidato serta menjelaskan kegiatan selama proses seleksi dengan menggunakan bahasa inggris, Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai harapan”. Terang Ovi Panggilan akrab Rovera Nurasti yang pada tahun 2020 berhasil menjadi juara 1 English Speech Competition.


Dibekali pengalaman dengan prestasi yang pernah diraih diberbagai kompetisi/olimpiade sejak duduk dibangku sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, tak mengheran jika pada saat ini berhasil menyisihkan anak-anak dari sekolah lain di kota bima. sebagai Duta Anak Kota Bima, Putri dari pasangan Ibu Nurhasanah dan Bapak Asriadyn ini bertekad untuk memberikan yang terbaik di ajang Pemilihan Duta Anak di tingkat Propinsi nanti. Untuk penyematan selendang Duta Anak akan dilaksanakan tanggal 23 Juli 2021 oleh Walikota Bima.

Adapun prestasi dan penghargaan yang pernah diperoleh Rovera Nuriasti dari bangku sekolah dasar sampai sekarang , Juara 1 Cerdas Cermat 2014, Juara 1 Lomba story Telling 2014, Juara 3 Lomba Olimpiade Matematika 2015, Juara 3 Lomba Cerdas cermat 2015, Juara 2 Kompetisi Literasi 2015, Juara 1 Olimpiade Fisika 2017, Juara 2 Olimpiade IPA Terpadu 2018, Juara 1 English Speech Competition 2017,Juara 2 English Speech Competition 2018, Juara 1 English Speech Competition 2020, Peraih nilai UN dan USBN terbaik SMP/MTs se-Kota dan Kabupaten Bima, Wisudawan Terbaik MTsN 1 Kota Bima dan Duta Anak Kota Bima 2021. Dengan semakin banyak anak-anak madrasah terpilih diberbagai bidang kompetisi/Olimpiade semakin membuktikan bahwa madrasah itu layak diperhitungkan dan tidak dilihat sebelah mata. (Usman).