Rencana Digitalisasi Transaksi Pelayanan di Destinasi Wisata
Cari Berita

Iklan 970x90px

Rencana Digitalisasi Transaksi Pelayanan di Destinasi Wisata

Thursday, July 15, 2021

Mataram, Media Info Bima Online - Dalam rangka mengembangkan kepariwisataan NTB, Dinas Pariwisata NTB menjalin kerjasama dengan PT Telkom. Rapat koordinasi kerjasama ini dilaksanakan pada


Rapat yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri sebanyak 37 audiences membahas peran media digital dalam proses mempromosikan pariwisata di NTB.


Penggunaan media digital ini diharapkan dapat membantu wisatawan yang berkunjung ke NTB agar selalu ingat tentang protokol covid-19, dengan cara memberikan informasi kepada wisatawan melalui pesan singkat ketika mereka baru saja sampai di NTB, kemudian promosi spot-spot destinasi yang bisa dikunjungi, sampai kepada proses transaksi ditempat wisata maupun tempat ekraf bisa dilakukan chashless.

Dalam kesempatan ini Syaiful Rohman, selaku GM PT Telkom NTB berkesempatan menjelaskan secara detil program-program apa saja yang akan dicanangkan PT Telkom untuk membantu pariwisata NTB. Seperti mengeluarkan aplikasi servis wisata, yang dimana menawarkan fitur edukasi pariwisata dan akan mengoptimalkan platform Whatsapp untuk membantu pelaku wisata di NTB. Melalui platform ini akan memudahkan wisatawan dengan UMKM tersebut melakukan pembayaran. 


Selain itu juga fasilitas wifi dengan berkoneksi dgn QR code yg disiapkan dipintu-pintu kedatangan akan memberikan keleluasaan wisatawan menjelajah secara mandiri destinasi yg mau dikunjungi dan ini akan dapat merubah Model tourism Information Center yg selama ini melayani semi digital. 

 

Tidak hanya itu, PT Telkom juga sudah menyiapkan layanan e-ticketing ditempat-tempat penyebrangan, seperti pelabuhan Bangsal atau Pototano yang bisa digunakan wisatawan untuk transaksi seperti membeli tiket, berbelanja, dan lain-lain. (TIM IB).