KKG-PAI Kab.Dompu Mulai Bekali Guru Agama Dengan Aplikasi "Sikat Jaran"
Cari Berita

Iklan 970x90px

KKG-PAI Kab.Dompu Mulai Bekali Guru Agama Dengan Aplikasi "Sikat Jaran"

Monday, February 14, 2022

 

KKG-PAI Kabupaten Dompu, Sediakan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam


Dompu, Infobima.com - Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kabupaten Dompu kini mulai membekali guru agama Islam di tingkat SD dengan aplikasi Perangkat Pembelajaran (SIKAT JARAN) Pendidikan Agama Islam.


Aplikasi Sikat Jaran yang disediakan ini memiliki komponen komplit didalamnya berkaitan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti, (RPP), program tahunan, program semester, dan KKM semua tersedia dalam wadah aplikasi tersebut.


Selain itu, dalam aplikasi Sikat Jaran ini terdapat pula  bentuk penilaian, seperti analisis penilaian harian, analisis penilaian tengah semester, dan analisis penilaian akhir semester.


"Semua kebutuhan guru pendidikan agama Islam terakomodasi di dalam aplikasi ini. Ini suatu kelebihan yang mendasar, sehingga diharapkan guru-guru pendidikan agama Islam kedepan, mereka bukan lagi guru-guru yang tidak lengkap secara administrasi, dan mereka harus mampu juga menganalisis penilaian didalam aplikasi ini" Ungkap Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kabupaten Dompu Mukmin, S.Pdi, M.MPd


Dari itu, KKG-PAI Kabupaten Dompu menggelar kegiatan pelatihan penyempurnaan perangkat pembelajaran berbasis aplikasi yang melibatkan seluruh guru Pendidikan Agama Islam SD se Kabupaten Dompu, berlangsung di cafe Laberka pada Senin (14/2/22). Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan acara perpisahan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang purna tugas.


Kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu,  M.Alimuddin, S.Ag, dihadiri oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu yang diwakili oleh Kasi Kurikulum. Hadir juga Ketua kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Provinsi NTB.


Dalam pelatihan ini terdapat tim dari Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama (KKG-PAI) dari Provinsi NTB, sebagai pemateri atau Tim Pengembang KKG-PAI masing-masing, Drs H. Rusdan, M.Sy, Nurudin, S.Pdi, dan Mahnim, S.Pdi, Tatik Elpandari, S.Pdi




Aplikasi perangkat pembelajaran ini diharapakan dapat diterapkan oleh guru agama dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Sebab, pada aplikasi yang tersedia ini memiliki banyak komponen yang lengkap dan harus pula dipahami.


Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kabupaten Dompu, Mukmin, S.Pdi, M.MPd, berharap, bagaimana para guru ini mampu menerapkan aplikasi ini pada kesehariannya dalam proses pembelajaran mulai dari perencanaan,proses maupun penilaian dalam pembelajaran yang dilakukan.


"Sehingga guru-guru agama Islam kedepan, mereka bisa lebih maju lagi. Disamping itu, mereka akan banyak kelebihan juga karena mengandalkan aplikasi ini, sebab mereka sudah melek IT.(Din)