Dikpora Gelar Acara "GEBYAR" Menuju Masyarakat Dompu Sadar Literasi
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dikpora Gelar Acara "GEBYAR" Menuju Masyarakat Dompu Sadar Literasi

Wednesday, March 9, 2022

 

Kegiatan Gerakan Indonesia Membaca yang Prakarsai oleh Dinas Dikpora Kabupaten Dompu


Dompu, Infobima.com - Bertempat di Paruga Samakai Dompu, Selasa (16/11/2021) berlangsung acara GEBYAR "Gerakan Indonesia Membaca" dengan Tema "Menuju Masyarakat Dompu Sadar Literasi". 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Dompu itu berlangsung dengan semarak. Menampilkan atraksi dan tarian khas anak-anak Dompu serta ada pula sesi Bunda PAUD Bercerita yang ditampilkan di penghujung acara tersebut. 


Acara ini terselenggara atas kerja sama Dinas Dikpora Kabupaten Dompu dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 


Dirjen PMPK hadir yang diwakili oleh Dr. Baharudin, M. Pd. Sosok Doktor yang santun ini tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Dompu karena merupakan putra daerah yang pernah menjabat sebagai Wakasek SMAN 1 Manggelewa dan juga pernah menjadi dosen di STAI dan STKIP Al Amin Dompu


Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan PP, Kadis Dikpora, Drs. H. Rifaid M.Pd., Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Ir. Wahidin, M. Si, Ketua PGRI, para Camat, Kepala KCD dan Kepala Desa, Kepala Sekolah Paud, TK, Ketua TBM dan para penggiat Literasi.



Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Drs. H. Rifaid, M. Pd mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan GIM di Kabupaten Dompu. 


"Membaca itu sangat penting karena kita bisa menguasai teknologi informasi dengan adanya hobby membaca. Malas membaca akan membuat seseorang tidak maju dan dia bisa kalah bersaing dalam berbagai kompetisi apalagi di era revolusi industri 4.0 saat ini," ucapnya.


Perwakilan Direktorat PMPK Dr. Baharudin di awal sambutannya menyampaikan permohonan maaf Bapak Direktur PMPK yang tidak berkesempatan hadir disebabkan ada agenda kegiatan lain dalam waktu bersamaan. 


"Pada saat yang bersamaan, saya juga memiliki agenda lain di pekan baru dan Kota Bekasi, tetapi saya memilih datang ke Dompu sekalian pulang kampung. Di samping itu,saya ingin memastikan bahwa Kabupaten Dompu siap menjadi tuan rumah Gebyar GIM ini. Dan saya menyaksikan hari ini bahwa DOMPU sangat siap," ucapnya mengapresiasi. 


Dikatakannya bahwa ada 10 kabupaten/ kota dari 514 Kab/Kota di Indonesia yang dipercayakan untuk bekerja sama dengan kemendikbudristek untuk bersama-sama mengentaskan buta aksara Nasional. Kabupaten Dompu merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota dimaksud.


Baharudin menjelaskan bahwa Indonesia sebagai anggota organisasi kementerian dan kebudayaan dunia dibawah PBB (UNESCO) dihadapkan  pada target "Education 2030". Melalui program Sustainable Development Goals (SDG's) telah disepakati bahwa Pendidikan merupakan Goal ke4 dari program SDGs, dengan terget: "Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, serta mendukung kesempatan belajar seumur hidup/sepanjang hayat untuk semua". Secara khusus dalam Goal 4.6 tentang literasi menargetkan: "Pada tahun 2030, harus memastikan bahwa semua remaja dan sejumlah orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan, mencapai kemampuan baca-tulis dan kemampuan berhitung".


"Indonesia sangat mendukung program SDGs tersebut dan telah ditindaklanjuti dengan terbitnya Perpres No.59 tahun 2017 tentang "Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan"," urainya.ADV (Din)