Pangdam IX Udayana Tinjau Pembangunan Pompa Hidram di Desa Karamabura
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pangdam IX Udayana Tinjau Pembangunan Pompa Hidram di Desa Karamabura

Wednesday, August 24, 2022

 

Peninjauan Lokasi Pompa Hidram di Desa Karamabura, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Sonny Apriyanto, SE, MM bersama Dandim 1614 Dompu, Letkol Caveri Taufiq, S.Sos


Dompu, Infobima.com - Usai memberikan pengarahan prajurit di Kodim 1614 Dompu, Komandan Daerah Militer (Pandam IX) Udayana, Mayjen TNI Sonny Apriyanto, SE, MM langsung bergegas untuk meninjau pembangunan Pompa Hidram pertanian di Desa Karamabura, Kecamatan Dompu, pada Rabu 24 Agustus 2022.


Pangdam IX Udayana hadir di lokasi bersama Dandim 1614 Dompu, Letkol Caveri Taufiq, S.Sos disambut baik oleh masyarakat setempat.


Bantuan Pompa Hidram pertanian ini diberikan untuk mengatasi kesulitan air yang dialami oleh masyarakat. Diharapkan, dengan adanya Pompa Hidram tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Karamabura.


"Ini adalah wujud kepedulian TNI AD terhadap masyarakat, karena sesuai dengan petunjuk dan arahan bapak Kepala staf angkatan darat, bahwa kami angkat darat harus hadir di tengah masyarakat dan harus pula menjadi bagian dan solusi dalam kesulitan masyarakat ada di wilayah tugas kami" Ungkap Pangdam.



Pangdam mengisahkan, 7 bulan dirinya menjabat sebagai Pangdam IX Udayana, pihaknya sudah mengerjakan 11 titik Pompa Hidram pertanian dan 100 titik Hidram air bersih yang tersebar mulai dari Provinsi Bali sampai NTT.


"Untuk Pulau Sumbawa ini, saya sudah membuat tiga titik Hidram, satu di Dompu dan dua titik di Kabupaten Bima"


"Saya berharap dengan adanya Pompa Hidram yang kita buat di sini dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Dan masyarakat juga dapat bercocok tanam bisa sepanjang tahun" harapnya.


Kini pembangunan Pompa Hidram tersebut sudah berjalan 95 persen dengan kapasitas Pompa mampu mengairi 400 hektar lahan pertanian dengan debit air 40 liter permenit.


Dengan begitu, Pangdam berharap adanya keterlibatan dari pemerintah Desa, Camat maupun Daerah untuk bersinergi, mendampingi masyarakat dalam menaikkan taraf ekonominya.



"Pembangunan Pompa Hidram ini mungkin satu Minggu lagi akan selesai, tidak perlu tunggu peresmian silahkan langsung dimanfaatkan" Katanya.


Usai itu, Pangdam juga membagikan secara simbolis 50 bungkus paket bantuan untuk masyarakat Desa Karamabura.(D)