SMKN 1 Hu,u Gelar Sosialisasi Prakerin Tahun Pelajaran 2022-2023
Cari Berita

Iklan 970x90px

SMKN 1 Hu,u Gelar Sosialisasi Prakerin Tahun Pelajaran 2022-2023

Friday, January 13, 2023

 


Dompu, Infobima.com - SMKN 1 Hu'u, Kecamatan Hu,u, Kabupaten Dompu, mengundang seluruh orang tua/wali dan peserta didik kelas XI untuk mengikuti acara sosialisasi praktek kerja industri (Prakerin), yang berlangsung di ruang praktek perhotelan SMKN 1 Hu,u, pada Rabu 11 Januari 2023.


Dalam rencananya, pelaksanaan Prakerin tersebut masih berjarak kurang lebih 3 minggu lagi, tetapi pihak SMKN 1 Hu'u telah mempersiapkan program Prakerin sejak dini, hal ini di harapkan agar seluruh Siswa dan orang tua sejak awal telah mencarikan tempat yang layak sebagai tempat Prakerin nantinya, sementara pilihan tempat dan lokasi Prakerin nantinya yaitu di Mataram, Sumbawa, Dompu, dan Bima. 


Acara tersebut dihadiri oleh Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd, Ketua Komite Sukrin A. Rahman, Ketua Panitia/Wakakur Iswan, S. Pd, Wakasis Abdul Fadil, S. Pd, Waka humas Drs. Nasaruddin, dan seluruh orang tua/wali murid. 


Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd, mengatakan, tujuan Prakerin bagi siswa adalah para siswa siswi dapat mengimplementasikan materi yang selama ini di dapatkan di sekolah, bukan hanya materi yang harus di kuasai tetapi juga praktek saat terjun ke dunia usaha atau dunia industri. 


Kemudian di lanjutkan oleh Ketua Panitia Prakerin Iswan, S. Pd, yang menjelaskan proses dan Administrasi pelaksanaan Prakerin nantinya adalah, Poin poin yang di sampaikan : 


1. Pentingnya program Prakerin sebagai syarat kenaikan kelas dan persyaratan mengikuti ujian Nasional, serta meningkatkan keterampilan para siswa dalam menghadapi dunia kerja. 

Jadwal Prakerin selama 4 bulan, berangkat 01 Februari 2023, dan kembali sekitar bulan Mei 2023 nanti. 


3. Peran orang tua/Wali siswa selalu dalam mengawasi, menfasilitasi, dan berkoordinasi dengan Panitia Prakerin selama anak anak dalam kegiatan Praktek. 

Acara Sosialisasi berjalan lancar dengan dukungan para orang tua/wali sangat tinggi terhadap Prakerin, hal ini terbukti dengan kesepakatan para orang tua/wali dengan keputusan yang sudah di tentukan oleh Sekolah.


Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah kegiatan Pendidikan Pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan Kompetensi (Kemampuan) Siswa sesuai bidangnya. 


Dalam pelaksanaannya di lakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu ilmu dasar yang akan di terapkan dalam dunia usaha atau industri. (D.Fan)