Sonokeling dirampok Cukong, Belasan Aktivis "Serbu" Tempat Penimbunan Kayu Milik AN
Cari Berita

Iklan 970x90px

Sonokeling dirampok Cukong, Belasan Aktivis "Serbu" Tempat Penimbunan Kayu Milik AN

Monday, March 13, 2023

 

Saat belasan Aktivis dan pegiat lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Hutan Dompu (APPHD) mendatangi langsung lokasi penimbunan kayu yang di duga milik salah satu pengusaha 


Dompu, Infobima.com - Tidak puas dengan kinerja Aparat penegak hukum (APH_Red) dalam mengatasi illegal Logging di Kabupaten Dompu yang kian marak, terutama jenis kayu sonokeling. Belasan Aktivis dan pegiat lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Hutan Dompu (APPHD) mendatangi langsung lokasi penimbunan kayu yang di duga milik salah satu pengusaha asal Pulau Jawa  berinisial AN yang berada di Desa Ranggo Kecamatan Pajo, Dompu_NTB, Pada Senin ( 13/03/2023) Siang tadi.


Rosihan Gibran SH, Salah satu aktivis dan pemerhati lingkungan yang ikut ke lokasi tersebut mengungkapkan, bahwa lokasi penimbunan kayu tersebut menjadi bukti nyata akan ketidakseriusan APH dan instansi terkait dalam menindak pelaku illegal logging terutama yang diduga di komandani oleh sejumlah Cukong dan pengusaha yang berasal dari luar NTB. 



" tempat penimbunan kayu ini, adalah bukti kongkrit akan lemahnya pengawasan dan ketidak seriusan mereka dalam menangani masalah ini, apalagi kuat dugaan bahwa yang menjadi sponsor Pendanaan operasi illegal logging tersebut adalah para cukong jawa yang diketahui berinisial AN dan AND ", Ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Khahir Putra SH, yang juga turut ikut ke lokasi penimbunan kayu tersebut, bahwa APH terkesan menutup mata akan masalah ini sehingga para cukong tersebut bebas berkeliaran dan merampok serta menjarah Sumber Daya Alam daerah.



" mereka (APH_Red) terkesan menutup mata, sehingga para cukong luar ini bebas beroperasi dan menjarah kekayaan alam kita ", Tuturnya.


Pria yang akrab disapa Putra Uma keho tersebut juga mempertanyakan apakah APH tidak tahu ada tumpukan kayu sonokeling yang begitu banyak di desa ranggo


"Atau mungkin mereka Pura-pura tidak tau" tanya Putra  


Sebab, Menurutnya, Kayu tersebut ditimbun di pinggir jalan. Hal yang mustahil jika APH tidak mengetahui akan hal itu


"Jangan-jangan ada semacam kongkalikong antara cukong Jawa dengan oknum APH.?, Kami tunggu reaksi APH, dalam hal ini BKPH Topaso" Pungkasnya


Dengan ditemukannya lokasi penimbunan kayu yang diduga hasil illegal logging milik AN tersebut, para aktivis dan pegiat lingkungan itu menuntut agar para aparat penegak hukum dan Instansi terkait seperti BKPH TOPASSO, Polres Dompu, Kodim 1614/Dompu untuk segera menindak dan menertibkan tumpukan kayu yang diduga ilegal tersebut


Sementara itu, hingga Berita ini dirilis, Kepala BKPH TOPASSO Kabupaten Dompu, Faruk S.Hut. M.Hut, yang coba dihubungi Media ini Via WhatsApp belum memberikan keterangannya.(tim)