Pesona Bukit Sultan Kini Jadi Sorotan Pemandu Wisata Dompu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pesona Bukit Sultan Kini Jadi Sorotan Pemandu Wisata Dompu

Wednesday, January 20, 2021

 

Rombongan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, Kunjungi Wisata Bukit Sultan Kandai Satu


Dompu, Infobima.com - Satu lagi, wisata baru yang tidak kalah eksotis untuk dikunjungi masyarakat Kabupaten Dompu NTB, yaitu, "Bukit Sultan" yang berada di Kelurahan Kandai satu Dompu.


Gunung ini bisa dinamakan Bukit Sultan karena banyak menanamkan sejarah kesultanan Dompu didalamnya, dan bahkan di bukit ini terdapat makam Sultan Syamsuddin sehingga para leluhur menamakannya "Bukit Sultan".


Kini Bukit Sultan tersebut telah disulap menjadi tempat wisata baru  oleh Pemuda Bukit Sultan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu,  diatas bukit tersebut mampu menyuguhkan pesona indahnya koto Dompu, apa lagi ketika malam hari.


Keindahan Bukit Sultan, kini dilirik pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Dompu H. Khairul Insyan, MM, terbukti, pada Rabu, (20/1/21), rombongan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu mengunjungi Bukit Sultan, mereka semua kagum dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan diatas bukit tersebut.

 


Sebelumnya, pada malam tanggal 31 desember 2020 lalu, kadis Pariwisata sempat hadir dalam acara dzikir bersama yang diselenggarakan oleh Pemuda Bukit Sultan Dorompana kelurahan kandai satu, yang dilaksanakan diatas makam sultan syamsuddin.


Saat itu Kadis terkesan atas keindahan pesona malam diatas bukit sultan, oleh karenanya, pada malam itu dia mengatakan akan kembali datang untuk berkunjung ke bukit sultan.


Kunjungannya kini merupakan realisasi dari janjinya tempo hari, dalam kunjungan tersebut Kadis Pariwisata banyak memberikan masukan untuk penataan bukit sultan kedepannya. 


Kepala Kadis Pariwisata, Pokdarwis DWN Kandai Satu juga meminta agar Kepala Dinas Pariwisata bisa mengupayakan untuk merenovasi bagunan Makam Sultan tersebut, supaya indah dipandang.


"Karena Bapak sendiri bisa melihat langsung kondisi bangunannya, maka sangatlah tidak bagus ketika kita menikmati pemandangan indah, lalu bangunan makamnya tidak bagus di pandang" Harapnya.


Setelah kunjungan di bukit sultan, kadis dan seluruh jajarannya melanjutkan diskusi bersama tentang seputar sejarah dan budaya dou Dompu di aula Kantor Kelurahan Kandai Satu.


Menanggapi permintaan Pokdarwis DWN Kandai Satu. Kadis Pariwisata sangat respon dengan permintaan itu, dia langsung berkoordinasi dengan Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos untuk berupaya memperbaiki bangunan makam di maksud.


Sementara itu, Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos juga, ia sangat berterima kasih atas kunjungan rombongan Kepala Dinas Pariwisata tersebut, dan itu merupakan semangat dan motivasi buatnya untuk bekerja dan menata setiap obyek wisata yang ada di Kelurahan Kandai satu.(Din)