Pembekalan KKN Mahasiswa/I Univesitas Hamzanwadi Terkait Program Desa Wisata
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pembekalan KKN Mahasiswa/I Univesitas Hamzanwadi Terkait Program Desa Wisata

Saturday, May 29, 2021

Mataram-28/05/21. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H.Yusron Hadi menghadiri Pembekalan KKN Bina Desa Terpadu Universitas Hamzanwadi tahun akademik 2020/2021 secara virtual. Dalam paparannya ia menjelaskan materi yang berjudul "Pengembangan Desa Wisata Terpadu" Yang berisikan tentang regulasi pemerintah di dalam pengembangan desa wisata di NTB.



Mengawali pemaparannya ia juga mengungkapkan bahwa kedepan yang akan kita kedepankan di dalam mengembangkan kepariwisataan adalah berfokus pada kualitas kepariwisataan yang kita miliki. 



"5 tahun terakhir kita lihat bersama yang menjadi fokus utama adalah jumlah kunjungan wisatawan, sudah waktunya kita merujuk pada kualitas kepariwisataan, kita harus memastikan bahwa seluruh aspek penunjang yang ada di setiap destinasi baik dimulai dari dasar laut hingga puncak gunung Rinjani, terlebih lagi pada desa wisata harus jelas kebersihan, keamanan, kenyamanan, ketertiban serta di dukung dengan keindahan alam, sehingga dengan begitu tentu angka kunjungan pun akan semakin meningkat" Ujarnya.



Desa-desa  wisata kita di Lombok dan Sumbawa juga memiliki beragam atraksi dan ekraf yang tentu sangat mumpuni untuk kita sama-sama banggakan dan promosikan bersama secara masiv, karena di setiap desa wisata memiliki ciri khas yang berbeda dan harus merujuk pada sosial kemasyarakatan. 



"wisatawan mancanegara juga sangat tertarik dengan aktivitas masyarakat di desa wisata, apapun aktivitasnya ketika di kemas semenarik mungkin tentu akan menjadi atraksi yang dapat di jual, seperti contoh kegiatan menanam dan panen padi bersama masyarakatpun bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi mereka, kembali lagi bagaimana kita mengemas atraksi tersebut semenarik mungkin" Sambungnya. (Usman).