Pelepasan Perdana "Tol Laut" Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pelepasan Perdana "Tol Laut" Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai

Tuesday, June 22, 2021

Dompu, Media Info Bima Online - Tingginya biaya yang harus dikeluarkan  oleh para pengusaha peternakan di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat saat melakukan pengiriman ternak keluar daerah menjadi perhatian khusus Pemerintahan Kader Jaelani dan Syahrul Parsan guna ditemukan solusinya. 


Salah satu yang sedang diupayakan adalah memaksimalkan jaringan transportasi laut dengan harapan agar kapal pengangkut ternak bisa secara rutin memuat ternak asal Kabupaten Dompu untuk dikirim ke berbagai daerah terutama yang menuju Jakarta. 

Guna menanggulangi kecenderungan para pengusaha peternakan di Kabupatrn Dompu maka pada hari Senin, 21 Juni 2021 Pemerintah Kabupaten Dompu menyelenggarakan acara Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai yang diikuti oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang didampingi oleh Kepala Bidang Budidaya dan Sarana Prasarana, Kepala Balai Pengembangan Pengolahan Pakan Ternak Ruminansia dan Kepala Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Serading. 

Bupati Dompu dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang membantu sehingga pengiriman perdana lewat tol laut dari pelabuhan calabai menuju jakarta. Dengan pengiriman ini akan menumbuhkan ekonomi daerah melalui kegiatan penggemukan sapi baik pendanaan sendiri, bantuan pemerintah maupun Kur perbankan. Ke depan perlu kesinambungan pengiriman dari Pelabuhan Calabai ke luar Dompu dan sangat diharapkan kerjasama baik dengan Dirjen Lalu Lintas, Disnakkeswan Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Dompu.

Sementara Kepala Disnakkeswan Provinsi NTB berharap agar Pemerintah Kabupaten Dompu dapat memfasilitasi pembiayaan KUR serta mempersiapkan proses penggemukan sapi yang ada di wilayah Dompu. Selain itu, Kepala Disnakkeswan NTB berharap agar kontinuitas pemanfaatan kapal ternak tidak hanya pada saat idul adha. 


Dengan adanya tol laut ini diharapkan akan ada rute kapal pengangkutan ternak yang bakal menanggulangi kiriman ternak, sehingga kapal pengangkut tersebut akan melayani bongkar muat ternak di Pelabuhan Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. (Usman)