Aktivasi Camat Kilo, Manfaat Potensi Wisata Untuk Menambah Penghasilan Masyarakat
Cari Berita

Iklan 970x90px

Aktivasi Camat Kilo, Manfaat Potensi Wisata Untuk Menambah Penghasilan Masyarakat

Thursday, September 2, 2021

 

Pelaksana Tugas (PLT) Camat Kilo, Rudi Purnomo, SP


Dompu, Infobima.com - Banyak gebrakan yang dilakukan Pelaksana Tugas (PLT) Camat Kilo, Kabupaten Dompu, Rudi Purnomo, SP, dalam upaya memajukan wilayah tersebut untuk memanfaatkan potensi yang ada, salah satunya potensi wisata.


Pola aktivasi akan diterapkannya, dimulai dari tata kelola pemerintahan Desa sampai merubah pola pikir masyarakat.


Kecamatan Kilo diketahui banyak wisata pantai yang menyuguhkan panorama indah yang kerap dikunjungi para wisatawan lokal, salah satunya wisata pantai Paropa dan Pantai Naga To'i.


Namun, menurut Camat Kilo, potensi wisata ini tidak mampu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk bisa menambah penghasilan dan justru malah membuat rugi sendiri.


"Sejauh ini saya melihat banyak para wisata lokal yang datang di tempat itu, dan saya tidak senang melihatnya. Karena kedatangan mereka tidak memberikan penghasilan untuk masyarakat malah mereka akan meninggalkan sampah disitu. Dan pola pikir masyarakat itu akan saya rubah dengan aktivasi saya, bagaimana nanti mereka bisa menghasilkan keuntungan dengan datangnya para wisata yang banyak itu" seperti yang diungkap Camat Kilo saat dikunjungi media di tempat kerjanya, Rabu 1 September 2021.


Sebagai langkah awal untuk pola aktivasinya, dalam waktu dekan ini pihaknya akan menggelar Event turnamen Volly Pantai tingkat Provinsi NTB, di Pantai Nanga To'i, Desa Mbuju.


Dalam area Event bergengsi ini akan disediakan berbagai macam kebutuhan para wisatawan, sehingga para wisatawan yang datang berkunjung nanti tidak lagi membawa bekal di rumah.


"Bagi para wisatawan yang datang nanti kita akan lakukan razia makanan. Kalau makanan yang dibawa tersedia di tempat kami, kami akan larang untuk dibawa masuk kecuali barang yang tidak tersedia dari kami" Jelas Rudi.

Lokasi Pantai Paropa, Kecamatan Kilo


Diyakini PLT Camat Kilo, kalau dalam pelaksanaan Event Volly Pantai nanti pasti akan bisa menarik banyak pengunjung lokal yang datang dan bahkan luar daerah. Rencana pelaksanaan Event tersebut sudah disepakati oleh seluruh kepala Desa yang ada bahkan antusias tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat-pun sangat menunggu gebrakan tersebut terlaksana.


Aktivasi bagi ibu-ibu, akan diimbau untuk dapat berjualan dan bisa menyediakan berbagai kebutuhan dan bisa memilih lokasi jualan ditempat tersebut.


Selain itu, aktivasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat dari Camat Kilo yaitu, dia berjanji akan menarik Unit Bank BPR untuk ditempatkan di Kecamatan Kilo, tujuannya, supaya perputaran uang di Kecamatan Kilo tidak lagi sampai mengalir keluar wilayah.(Din)