Dikdas Dompu Bentuk Tim Penyusun Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Daerah Tingkat SD
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dikdas Dompu Bentuk Tim Penyusun Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Daerah Tingkat SD

Thursday, October 21, 2021

 

Tim Penyusun Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Daerah, Jajaran Dinas Dikpora Kabupaten Dompu


Dompu, Infobima.com - Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Kabupaten Dompu, Asyrul Riadi, S.Pd kini tengah membentuk tim penyusun kurikulum muatan lokal bahasa daerah pada tingkat sekolah dasar (SD) untuk digunakan sebagai acuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang diajarkan para guru.


Tim penyusun kurikulum muatan lokal bahasa daerah yang dibentuk terdiri dari Dikpora, Kepala sekolah dan para guru yang diambil dari berbagai kecamatan di Dompu.


Dalam kurikulum ini, mereka akan memuat tentang kompetensi ketrampilan menulis, membaca dan berbicara berbasis karakter dan budaya daerah Dompu.



Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Kabupaten Dompu Asyrul Riadi, S.Pd mengatakan, bahwa mata pelajaran bahasa daerah Dompu di tingkat SD itu sangat penting, sebab menurut dia, bahasa daerah bisa menilai bentuk etika sopan santun seseorang dalam berkomunikasi. Dan ini merupakan langkah awal kurikulum bahasa daerah masuk pada pendidikan formal sebagai sarana komunikasi yang digunakan.  


Dijelaskan lebih lanjut, selain itu juga bahasa daerah sebagai budaya daerah yang dapat menjadi identitas diri pada era globalisasi sehingga dapat menyaring budaya asing yang masuk ke daerah kita.


Merujuk pada paradigma pendidikan sekarang terkait dengan kurikulum muatan lokal bahasa daerah pada jenjang SD, belum ada kurikulum baku yang bisa digunakan oleh satuan pendidikan sebagai acuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang di ajarkan.


"Semoga diberikan kelancaran bagi teman-teman guru dalam menyusun kurikulum muatan lokal ini, sehingga bisa dilakukan uji publik, dengan harapan, semoga di tahun ajaran baru nanti bisa diimplementasikan oleh satuan pendidikan, Barakallah" Ungkapnya.(Din)