Disnakeswan Dompu Sediakan Armada Kapal untuk Pengangkutan Ternak di Jalur Tol Laut
Cari Berita

Iklan 970x90px

Disnakeswan Dompu Sediakan Armada Kapal untuk Pengangkutan Ternak di Jalur Tol Laut

Wednesday, May 24, 2023



 Dompu, Infobima.com - Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu, berhasil melakukan pengadaan armada kapal untuk pengangkutan ternak di Dompu lewat jalur tol laut yang ada di Calabai, Kecamatan Pekat, Dompu NTB.


Satu unit armada kapal tersebut didapatkan melalui bantuan pemerintah pusat, lewat pengajuan proposal yang dilakukan Disnakeswan Dompu.


Kapal tersebut memiliki kapasitas muatan 550 ekor ternak, dan disubsidi-kan oleh pemerintah pusat untuk para pengusaha ternak yang hendak menjual ternaknya di luar Daerah.


"Kapal itu disubsidi oleh pemerintah pusat, dari biasanya biaya ongkos Rp 1.400 per-ekor. Sekarang hanya 700 ribu per-ekor" ungkap Kadinakeswan Muh, Aduh, SE.M.Si yang ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu 24 mei 2023.


Kapal yang disediakan pemerintah ini langsung di kontrak oleh para pengusaha ternak di Dompu, dan jatah pengoperasiannya di jalur tol laut wilayah Dompu hanya satu kali dalam 20 hari. Sementara kini Disnakeswan sendiri hanya berperan untuk memfasilitasi para pengusaha ternak dalam bentuk administrasi. 


"Kita hanya memfasilitasi saja untuk administrasinya. Soal  pengoperasian kapal, untuk saat ini kita menyesuaikan waktu masuknya kapal, supaya ternak di Dompu bisa dijual sebelum hari raya idul Adha nanti. Karena kalau kita kirim ternaknya setelah hari raya kurban, itu sama saja bohong. Karena momen hari raya kurban ini dimanfaatkan oleh pengusaha ternak di Dompu untuk menjual ternak mereka, sebab, harga satu ekor sapi itu bisa mencapai 20 hingga 25 juta per-ekor" tandasnya.(D)