Kodim 1608/Bima Gelar Simulasi Trecer dan Isoter Covid-19
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kodim 1608/Bima Gelar Simulasi Trecer dan Isoter Covid-19

Monday, August 9, 2021

Bima, Media Info Bima Online - Untuk membekali pengetahuan personilnya sebagai tracer Covid 19, Kodim 1608/Bima laksanakan kegiatan latihan simulasi tracer dan Isolasi Terpadu Penanganan Covid -19 yang bertempat di Lapangan Makodim 1608/Bima,” Senin (09/08/21).


Kegiatan ini digelar untuk memberikan pelatihan dan membekali kemampuan kepada Para Babinsa jajaran kodim 1608/Bima selaku fasilitator tracer Covid-19 di wilayahnya masing masing.

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal mengatakan, dengan pelatihan dan peningkatan kapasitas ini, babinsa dan tim pengolah data mendapatkan pembekalan tentang cara melakukan penulusuran, melakukan pemantauan karantina dan isolasi mandiri serta pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina dan isolasi mandiri,” Pungkas Dandim.


Selain itu, Babinsa dan tim pengolah data juga diberikan latihan cara pelaporan hasil Tracer Covid-19, pelatihan puluhan Babinsa sebagai tracer ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban babinsa dalam menjalankan tugasnya di tengah Pandemi Covid-19.


Lebih lanjut dikatakan Dandim, pelatihan tracer digital merupakan bentuk penyegaran, peningkatan kapasitas dan kemampuan para tracer Covid-19 untuk meningkatkan rasio pelacakan sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO),” Ujar Dandim

Sedangkan untuk mempercepat dan meningkatkan kapasitas tracing, pihaknya akan mengerahkan para tracer digital yang melaksanakan tracing kontak erat melalui sambungan telepon dan memasukan data ke aplikasi Silacak Kemenkes.


Semoga dengan konsep semesta ini maka keinginan kita semua untuk menekan kasus aktif di Indonesia khususnya di wilayah Bima ini akan bisa terealisasi hingga angka paling rendah," Harap Dandim Dua Melati itu. (Usman).